Evaluasi Pembelajaran Kualitatif pada Pelatihan Survei dan Pemetaan bagi Penyuluh Pertanian
Abstract
Abstrak : Penyuluh pertanian adalah garda depan dalam penyediaan data pertanian secara nasional, termasuk data geospasial lahan pertanian. Hal ini menjadi tantangan khusus bagi penyuluh yang belum memiliki keterampilan teknis di bidang survei dan pemetaan. Semakin banyak penyuluh pertanian yang terampil dalam pengoperasian alat survei dan pemetaan, maka akan semakin melengkapi kebutuhan data geospasial sebagai dasar perencanaan dan pembangunan di bidang kebutuhan pangan. Dalam pelatihan ini, juga dilengkapi dengan evaluasi sederhana guna mengetahui sejauh mana efektivitas kegiatan pelatihan bagi penyuluh. Metode evaluasi yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR), yaitu pendekatan kolaboratif yang melibatkan partisipasi aktif dan kemitraan dengan anggota komunitas yaitu penyuluh pertanian dengan petani yang juga turut berkontribusi dalam kegiatan itu. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 31 penyuluh se-Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Penilaian evaluasi dilakukan menggunakan instrumen yang disediakan pada laman google form. Seluruh peserta menyatakan bahwa pelatihan survei dan pemetaan nyata bermanfaat dan diperlukan dalam penyediaan data geospasial pertanian. Peta-peta lahan pertanian berbasis kelompok tani juga telah berhasil disusun sesuai prosedur partisipatif dan kaidah kartografis dengan melibatkan petani dan pemilik lahan sebagai informan kunci dengan menggunakan Avenza Maps sebagai perangkatnya. Adapun pemetaan data lapangan dilakukan dengan pemanfaatan software ArcGIS agar terdapat koherensi antara konsep teori dan praktik survei di lapangan hingga penyajian data peta.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari E. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. 12(1), 484-485.
Ayuningtyas, E.A.(2022). Pemetaan Partisipatif untuk Bahaya Longsor dan Jalur Evakuasi di Desa Hargomulyo, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Jurnal Geografika. Vol. 3, No. 2 - Desember 2022 https://doi.org/10.20527/jgp.v3i2.6789
Ayuningtyas, E.A. dan Aman, M.K. (2023). Pelatihan Survei dan Pemetaan dalam Pengelolaan Data Spasial dan Digitalisasi Pertanian di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 7 No 1 http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v7i1.1784
Batubara, H.H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Volume 8, Nomor 1, Juni 2016; ISSN : 2085-0034. Diakses di https://media.neliti.com/media/publications/284573-penggunaan-google- form-sebagai-alat-peni-9ee5ffe6.pdf
Hafidhoh, N. and Muhammad, R.R. (2021). Karakteristik Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 di MI. Awwaliyah: Jurnal PGMI Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
p-ISSN: 2621-5446. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.673
IIED. 2017. Participatory resource mapping. Better Evidence in Action. International Institute for Environmentand Development (IIED) https://www.iied.org/17401iied
Klerkx, L., Emma, J., & Pierre, L., “A review of social science on digital agriculture, smart farming and agriculture 4.0: New contributions and a future research agenda. Njas – Wageningen”, Journal of Life Sciences, 90–91 (1). (2019). https://doi.org/10.1016/j.njas.2019.100315
Mardina, T. & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternative Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL. 183-188.
Nortvedt, G. A., Wiese, E., Brown, M., Burns, D., McNamara, G., O'Hara, J., ... Taneri,
P. O. (2020). Aiding culturally responsive assessment in schools in a globalising world. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 32(1), 5–27. https://doi.org/10.1007/s11092-020-09316-w
Oktarina, S., Nukmal, H., & Anna, G. Z.,”Persepsi Petani Terhadap Strategi Komunikasi Penyuluh dalam Pemanfaatan Media Informasi di Era Digital”, Jurnal Komunikasi Pembangunan Vol 17 (2). (2019). DOI: https://doi.org/10.46937/17201926852
Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit K- Media.
Sahrina, A., Irawan, L. Y., Wirahayu, Y. A., Withuda, F. A., Fitriani, D., & Sukoco, G. F., “Inventarisasi Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dengan Menggunakan Smartphone”, Jurnal Praksis dan Dedikasi (JDPS), 5(2), 61–69. (2022). http://dx.doi.org/10.17977/um032v5i2p61-69
Sucilestari, R. & Arizona, K. (2019). Kelas Inspirasi Berbasis Media Real Melalui Pendekatan. Jurnal Transformasi. 15(1), 23–34. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.964
UU Informasi Geospasial No 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial
Wulan, E. R., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
Zulhendri, A. dan Henmaidi., “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian di Kabupaten Pasaman”, Jurnal Niara. Vol. 14, No. 2, Hal. 35-43, 2021. Jurnal NIARA VOL 14 NO 2 https://doi.org/10.31849/niara.v14i2.5871
DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i1.1041
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing at :
Associated with :
Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Abdimas Berdaya
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan
jab@unisla.ac.id