Pelatihan Penguatan Konten Matematika Guru Sekolah Indonesia Cairo (SIC) Mesir

Yuliani Puji Astuti, Raden Sulaiman, Riska Wahyu Romadhonia

Abstract


Abstrak: Pembelajaran Matematika di sekolah membutuhkan kesiapan terutama kesiapan guru dalam penyampaian materi. Penguasaan materi yang cakap merupakan modal utama bagi seorang guru sehingga materi tersampaikan dengan baik dan tepat. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Atdikbud Mesir, diperoleh informasi bahwa di Sekolah Indonesia Cairo (SIC) Mesir memerlukan peningkatan kualitas guru, khususnya guru Matematika, dan penambahan wawasan serta penguatan terhadap konten Matematika pada materi Aljabar dan Geometri. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru SIC dalam pembelajaran Matematika serta menambah wawasan dan penguatan kontem Matematika. Konten Matematika ini akan dikaitkan dengan Kurikulum Merdeka, dan penerapannya dalam pembelajaran di sekolah. Tim pelaksana telah menyelenggarakan pelatihan pemantapan materi Matematika bagi guru Sekolah Indonesia Cairo (SIC) Mesir. Hasil pelatihan hari menunjukkan peningkatan pemahaman konten matematika meningkat dilihat dari rata-rata nilai pre-test ke post-test yaitu 65,56 menjadi 83,33. Peningkatan nilai sebesar 17,77 atau mengalami peningkatan sebesar 27,1%. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023 pukul 09.00 – 12.00 waktu Cairo atau pukul 13.00 – 16.00 WIB secara online. Pelatihan berjalan dengan baik dan peserta sangat antusias dan berharap ada kegiatan lanjutan pada tahun-tahun mendatang.


Keywords


Konten Matematika, Aljabar, Geometri.

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415 – 2422.

Attard, C. Holmes, K. (2022) An Exploration Of Teacher and Student Perceptions of Blended Learning In Four Secondary Mathematics Classrooms. Mathematics Education Research Journal, 719 – 740. doi.org/10.1007/s13394-020-00359-2.

Febrianningsih, R. Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335 – 3344.

Giantara, F., Astuti. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787 – 796.

Gusteti, M. U., Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 3(3), 636-646.

Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 7 - 9.

Kleden, M. A. Atti, A. Lobo, M. (2021). Pembuatan dan Pendampingan Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10 – 19.

Komalasari, L.I. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 139 - 150.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Murat, G. Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. 7(3), 222 – 237.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI. 19(2), 250 – 261.

Pertiwi, D. P. Novaliyosi. Nindiasari, H. Sukirwan. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717 – 1726.

Putri, O. O. Roesdiana, L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 829 – 840. doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.169 05.

Rusdi. Fauzan, A. Arnawa, I. M. Lufri. (2020). Designing Mathematics Learning Models Based on Realistic Mathematics Education and Literacy. Journal of Physics: Conference Series. doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012055.

Wijaya, A. Retnawati, H. Setyaningrum, W. Aoyama, K. Sugiman. (2019). Diagnosing Students Learning Difficulties In The Eyes Of Indonesian Mathematics Teachers. Journal on Mathematcs Education, 10(3), 357 – 364.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id