Pendampingan Pengembangan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SD Sekolah Binaan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Dwi Yuli Rakhmawati, Tri Sudarwanto, Saino -, Putri Hestiningrum

Abstract


Abstrak: Keanekaragaman peserta didik berdasarkan kesiapan, minat dan preferensi belajarnya masing-masing masih menjadi topik utama dalam bidang Pendidikan. Salah satu cara untuk mengakomodasi persoalan tersebut adalah dengan mengubah kurikulum. Kurikulum Merdeka yang berlaku saat ini merupakan pendekatan sistem pendidikan dengan menawarkan keleluasaan kepada guru dan peserta didiknya untuk menetapkan jalannya pembelajaran. Akan tetapi belum semua guru mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan keberagaman yang ada. Hal ini juga terjadi pada guru SD Binaan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Penyelesaian yang bisa ditawarkan agar dapat menyelesaikan persoalan yang dialami mitra yakni dengan menyediakan pendampingan dalam mengembangkan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Tahap pelaksanaan terdiri dari koordinasi bersama mitra, menyusun modul pelatihan, pelatihan, pendampingan kemudian review hasil, serta evaluasi dan refleksi. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah terlaksana mampu memberikan manfaat untuk para guru SD Binaan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Pemahaman peserta dalam segi strategi pembelajaran yang didapat setelah kegiatan mencapai lebih dari 80%. Peserta berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi secara kontinu. 


Keywords


Diferensiasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Strategi Pembelajaran.

References


Appulembang, O. D., Munthe, A. P., Kusumah, I. P., & Ani, Y. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN FASILITATOR BELAJAR. 6, 1–7.

Ardiawan, I. K. N. (2020). STUDI PENINGKATAN KESIAPAN GURU PAUD TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (META–ANALISIS). Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 33–39.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953

Hazin, M., Hariyanti, N., Khamidi, A., & Setiawan, A. C. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan KOSP di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia. In Journal of Smart Community Service (Vol. 1, Issue 2). https://journal.cahyaedu.com/index.php/jscs

Liliani Husain, D., Agustina, S., Rohmana, & Alimin. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375

Marcellyna, N. (2020). EFEKTIVITAS PELATIHAN BERBASIS TEKNOLOGI ONLINE. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan, 3(2), 50–60.

Mukhlishina, I., Danawati, M. G., & Wijayaningputri, A. R. (2023). Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekola Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 126–133.

Munandar, A., Nurholizah, S., Artika, D. T., & Mahroja, S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan : Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136.

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432

Sanova, A. (2024). Transformasi Pembelajaran Abad 21 : Efektivitas Pelatihan LMS dalam Meningkatkan Kompetensi Digital Guru SMA. Jurnal Pengabdian Vokasi, 3(6), 316–323.

Susanti, A. Y., Wulandari, N., Putra, K. A., & Gunawan, H. (2022). Guru Profesional Pada Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan, 26–32.

Sutrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409

Widiyanah, I., Syahidul Haq, M., & Windasari. (2024). PELATIHAN RANCANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/26832

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i1.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id