Peningkatan Kapabilitas Manajemen Sekolah Pos PAUD melalui Pelatihan Adaptasi Teknologi Digital

Soffa Zahara, Erna Tri Asmorowati, Andhika Cahyono Putra, Hajar Nurma Wachidah, Gita Rohma Utami Asyafiiyah, Artika Widyastuti, Friska Andriani

Abstract


Abstrak: Manajemen sekolah memiliki peran penting dalam menentukan kualitas dan efisiensi operasional lembaga pendidikan, termasuk pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, keterbatasan keterampilan tenaga pendidik terhadap teknologi digital sering kali menghambat efektivitas administrasi dan pembelajaran. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan administrasi dan manajemen sekolah tenaga pendidik SPS POS PAUD Alam Bougenville melalui pelatihan adaptasi teknologi digital. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah Community-Based Participatory Research (CBPR), meliputi identifikasi masalah, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, dan pendampingan. Pelatihan yang dilakukan mencakup Microsoft Word dan Excel untuk pembuatan dokumen, aplikasi Dapodik untuk pengelolaan data peserta didik, serta pemanfaatan ChatGPT dalam penyusunan materi pembelajaran yang inovatif. Melalui pelatihan terstruktur dan pendampingan berkelanjutan, peserta berhasil meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi untuk keperluan administrasi dan pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan peserta. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan peserta dibuktikan dengan perbandingan peningkatan nilai rata-rata Pre-test yaitu 48 menjadi 83 untuk nilai Post-test. Program ini tidak hanya berhasil menyelesaikan tantangan dalam manajemen sekolah, tetapi juga mendorong budaya pembelajaran berkelanjutan dan adaptasi terhadap kemajuan teknologi, sehingga dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lembaga.


Keywords


Pos Paud; Manajemen Sekolah; Microsoft Office; Adaptasi Teknologi

References


Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4, 717–728. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3718

Cahyani, R., Lailla, S., & Rustini, T. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 20670–20679. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15474%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/15474/11683

Christianti, M. (2012). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 112–122.

Collins, S. E., Clifasefi, S. L., Stanton, J., Straits, K. J. E., Gil-Kashiwabara, E., Espinosa, P. R., Nicasio, A. V., Andrasik, M. P., Hawes, S. M., Miller, K. A., Nelson, L. A., Orfaly, V. E., Duran, B. M., & Wallerstein, N. (2018). Community-based participatory research (CBPR): Towards equitable involvement of community in psychology research. American Psychologist, 73(7), 884–898. https://doi.org/10.1037/amp0000167

Daniel Muijs, D. R. (2018). Effective Teaching:Evidence and Practice. In Api.Taylorfrancis.Com. https://api.taylorfrancis.com/content/books/mono/download?identifierName=doi&identifierValue=10.4324/9781003279587&type=googlepdf

Fiqih, M., Adha, N., Fikriyah, A., Korea, A., Sari, D., Anak, P., Dini, U., Islam, U., & Syarif, N. (2024). Peran Manajemen dalam Meningkatkan Lembaga Pendidikan PAUD. 8, 32479–32493.

Ita, E. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 5(2), 102.

Khalilurrahman, & Budrini. (2024). Inovasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidikan Anak Usia Dini. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 119–136. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.572

Suyadnya, I. D. P. (2024). Implementasi Digitalisasi Administrasi Pendidikan di SMP Negeri 3 Bangli. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 38–54. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2915

Syahroni, M., Ratna, T. P., Hapsari, N., & Shalima, I. (2022). Pelatihan Microsoft Office Guna Meningkatkan Kemampuan Teknologi Guru Dalam Administrasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(4), 1045–1052. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1533/1143




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i1.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id