Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality bagi Guru MGMP Bahasa Arab Kabupaten Malang

Mochammad Rizal Ramadhan, Moh. Khasairi, Muhammad Alfan, Tsania Khoirunnisa, Samudra Mutiara Hasanah, Tri Anggara Medhi Sampurno

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia perlu disesuaikan dengan tuntutan zaman agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan yang komprehensif dalam berbahasa. Pendekatan multiliterasi menawarkan solusi untuk meningkatkan akses dan pemahaman siswa terhadap berbagai sumber belajar, termasuk teks tradisional dan teknologi digital. Program pengabdian ini bertujuan untuk membangun nuansa multiliterasi pada guru-guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab di Kabupaten Malang dengan mengimplementasikan Innovative Sharaf Textbook Integrated Augmented Reality Quartet Card Game (SAMIL). Program ini melibatkan 35 guru dari MGMP Bahasa Arab Kabupaten Malang. Kegiatan dimulai dengan observasi terhadap masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran sharaf, khususnya rendahnya motivasi belajar dan keterbatasan media pembelajaran yang inovatif. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan, meliputi penggunaan media SAMIL berbasis teknologi AR untuk mendukung pembelajaran sharaf. Hasilnya, guru-guru mampu menerapkan media pembelajaran ini dengan lebih efektif, sementara siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan pemahaman. Media berbasis AR juga mendukung pengembangan literasi digital dan visual, yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab di era globalisasi. Program ini berhasil meningkatkan nuansa multiliterasi dan memberikan inovasi baru dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah

Keywords


Pelatihan;Media Pembelajaran;Augmented Reality;Guru Bahasa Arab

References


Annisa, M. N., Rifki, M., Taufiqurrochman, R., & Al Anshory, A. M. (2023). Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 378-388.

Azizah, H. (2022). Implementation of Bithoqoh al-Mufradat Language Game Media (Vocabulary Cards) in Arabic Vocabulary Learning for Class V SDIT Al-Khairaat Yogyakarta. Jurnal Pendidikan LLDIKTI Wilayah 1 (JUDIK), 2(02), 74-79.

Christanti, A., & Munir, A. (2023). The Implementation of A Multiliteracy Pedagogy Framework for Teaching Critical Teaching. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(1).

Cooper, N., Lockyer, L., & Brown, I. (2013). Developing multiliteracies in a technology-mediated environment. Educational Media International, 50(2), 93-107.

Cope, B., & Kalantzis, M. (2015). The things you do to know: An introduction to the pedagogy of multiliteracies. In A pedagogy of multiliteracies: Learning by design (pp. 1-36). London: Palgrave Macmillan UK.

Corkett, J., & Benevides, T. (2015). Pre-service teachers’ perceptions of technology and multiliteracy within the inclusive classroom. International Journal of Psychology and Educational Studies, 2(2), 35-46.

Kelly, C. (2016). Teacher as facilitator of learning. In Teaching and Learning at Business Schools (pp. 3-14). Routledge.

Khoirunnisa, T., & Ahsanuddin, M. (2024). The Design of Quartet Card Game Integrated with Augmented Reality for Sharf (Morphology) Learning Media. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 8(1), 187-208.

Kulju, P., Kupiainen, R., Wiseman, A. M., Jyrkiäinen, A., Koskinen-Sinisalo, K. L., & Mäkinen, M. (2018). A review of multiliteracies pedagogy in primary classrooms. Language and Literacy, 20(2), 80-101.

Kusumadewi, N., Mahliatusikkah, H., Tohe, A., & Kurniawan, I. (2024). The Analysis of Multiliteracy Aspects in Arabic Books for Madrasah Aliyah. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 7(1), 129-144.

Mahyudin, R., Alwis, N., & Sri, W. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1-12.

Nisa, R. V. (2018). Peranan Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. An Nabighoh, 19(2), 225-248.

Nuroh, E. Z., Munir, A., Retnaningdyah, P., & Purwati, O. (2020). Innovation in ELT: Multiliteracies pedagogy for enhancing critical thinking skills in the 21st century. Tell: Teaching Of English Language And Literature Journal, 8.

Papadopoulos, I., & Bisiri, E. (2020). Fostering critical thinking skills in preschool education: Designing, implementing and assessing a multiliteracies-oriented program based on intercultural tales. Multilingual Academic Journal of Education and Social Sciences, 9(2), 1-19.

Ramadhan, M. R., Fahmi, M. I. N., & Hasanah, S. M. (2023). How Flashcard Games Improve Critical Thinking Skills on History of Islamic Culture Material?. In International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2022) (pp. 239-246). Atlantis Press.

Zaidar, M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pengembangan Karakter Anak di Era Modern: Kajian Konseptual. Islamic Insights Journal, 5(1), 42-55




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id