Strategi Efektivitas EATS dan CURE MEDIA pada Hotel Gunawangsa MERR Surabaya
Abstract
Perkembangan di bidang teknologi digital telah menggerakkan sektor perhotelan untuk melakukan perubahan pada strategi pemasaran mereka, termasuk Hotel Gunawangsa MERR yang berada di Surabaya. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan keperluan promosi yang lebih efektif, hotel ini telah mengimplementasikan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan Cure Media sebagai sarana penyampaian informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi mengenai seberapa efektif pemasaran yang dilakukan dengan penggunaan Cure Media jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, dengan menerapkan analisis SWOT dan perbandingan strategi berdasarkan elemen bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Hotel Gunawangsa MERR Surabaya menerapkan pemasaran digital dengan menggunakan Cure Media sebagai alat broadcast untuk meningkatkan efektivitas promosi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pemasaran digital dengan pemasaran konvensional melalui analisis SWOT dan pendekatan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumen internal hotel selama periode akhir 2022 hingga kuartal ketiga 2023. Hasil menunjukkan pemasaran digital lebih efisien dan efektif, dengan peningkatan pemesanan dari 890 menjadi 1.065 kamar, penghematan biaya promosi sebesar 32%, serta peningkatan engagement pelanggan dua kali lipat. Analisis SWOT memperkuat temuan bahwa strategi digital memiliki kekuatan dalam hal biaya, jangkauan, dan segmentasi, meskipun tetap menghadapi tantangan dari sisi keamanan data dan intensitas persaingan. Strategi bauran pemasaran 4P juga menunjukkan keunggulan pemasaran digital dalam fleksibilitas harga, distribusi cepat, dan promosi personal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Estetia, & Wikartika, I. (2022). Digital marketing analysis on the consumer decision-making process of millennials and Gen Z generation groups on the TikTok application. Equilibrium: Jurnal Ekonomi dan Pembelajarannya, 11(2), 122–125. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17374
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing (6th Ed.). Pearson Education.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Services Marketing: People, Technology, Strategy (8th Ed.). Pearson Education.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2015). Marketing: An Introduction (12th ed.). Pearson Education.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). Sage Publications.
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.
Arzyanto, D., et al. (2021). Strategi Komunikasi dalam Menanggapi Ulasan Negatif Pelanggan di TripAdvisor. Seminar Nasional Komunikasi.
SATUVISION. (2023). Digital Marketing Budget untuk Hotel di Tahun 2023. Diakses dari: https://www.satuvision.com/id/digital-marketing-budget-untuk-hotel-di-tahun-2023/
Prayagati, D. & Setianingrum, I. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Konsumen Hotel di Era Digital. Commercium Journal, Unesa.
DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1114
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing at :
Associated with :
Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Abdimas Berdaya
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan
jab@unisla.ac.id