Pelatihan Pemanfaatan Augmented Reality untuk Meningkatkan Minat Baca pada Peserta didik Fase B di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Moh Arif Susanto, Parmin ., Agusniar Dian Savitri

Abstract


Rendahnya literasi membaca peserta didik di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) menjadi permasalahan utama yang berdampak pada kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Berdasarkan rapor pendidikan dan keluhan pendidik, ditemukan bahwa kurangnya minat baca dan tidak tepatnya media pembelajaran menjadi faktor penyebab utama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan pendekatan teknologi pembelajaran berbasis augmented reality (AR). Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap: persiapan, pelatihan, dan evaluasi, melibatkan peserta didik sekolah dasar di SIKL selama tiga bulan. AR digunakan sebagai media visual interaktif untuk menampilkan materi bacaan secara imersif dan multimodal. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan AR mampu meningkatkan motivasi membaca, pemahaman bacaan, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Evaluasi menunjukkan 78% peserta didik mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman membaca. Selain itu, pendidik juga mampu menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif dan aktif. Kolaborasi antara pengembang media, pendidik, dan institusi pendidikan menjadi faktor penting dalam keberhasilan program. Program ini menunjukkan potensi teknologi sebagai solusi transformatif dalam pendidikan literasi serta dapat direplikasi pada konteks serupa.

Keywords


augmented reality, literasi membaca, pembelajaran multimodal, pelatihan literasi, pendidikan transformatif

References


Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-ZsaDilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., . . . Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143-152.10.23917/bkkndik.v4i2.19185.

Andriani, L., Subali, B, Wardani, S, Andaryani, E. T., & Lestari, W. (2024). NALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI SISWA SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1110-1120.

Dharma, I. M. (2013). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN INSERSI BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP MINAT BACA DAN SIKAP SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Haq, M., Hendratno, Kristanto, A., & Lestyono, E. F. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 100-106.

Irmayanti, I., & Danial . (2019). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90-104. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a10.2019.

Nourma, Y., Suryanti, S., LR, S. A., & Putri, N. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERAS BACA TULIS MELALUI MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI DI SEKOLAH DASAR. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah , 8(2), 75-87.

Novi Trisni, D. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Deli Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

Pavio, A. (2013). Imagery and Verbal Processes. New York: Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781315798868.

Rusmini, Azizah, U., Yonata, B., & Napasti, F. (2025). Pelatihan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru-Guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 30-36.https://doi.org/10.34148/komatika.v5i1.1263.

Suryadana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Titaley, C. R., Que, B. J., Que, B. J., Hussein, A. L., Sara, L. S., Ohoiulun, A., . . . Natasian, O. G. (2021). Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Pulau Saparua, Maluku: Persepsi dan Pengetahuan Kader Tentang Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Molucca Medica , 14, 75-86.

Ustman, H. (2016). Utsman, H. "Evaluasi Praktek Pendidikan Anak Usia Dini ditinjau dari Teori Developmentally Appropriate Practice. Jendela PLS, 1(1), https://doi.org/10.37058/jpls.v1i1.135.

Wulandari, A. B., & Eli, R. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 1110-1117.

Yunita, N., Suryanti, S., Ayu L.R, S., & Putri L, N. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERAS BACA TULIS MELALUI MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI DI SEKOLAH DASAR. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 75-87.http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i2.10506.

Wulandari, Bunga, A., & Rustinar, E. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(09), 1110-1117.

Zahroh, F., Apriyani, A., & Afrilia, Y. (2025). Analisis Manfaat Media Audio Visual Animasi sebagai Bahan Pembelajaran Efektif untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 300-311. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.695.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id