ANALISIS PYGMALION EFFECT DALAM DINAMIKA PERILAKU KLIEN ANAK PADA PROSES REINTEGRASI SOSIAL DI BAPAS KELAS I TANGERANG
Fajar Iman Nugraha, Umar Anwar
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan Pygmalion Effect dalam dinamika perilaku klien anak selama proses reintegrasi sosial di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Tangerang. Pygmalion Effect, sebagai fenomena psikologis, menekankan pentingnya ekspektasi positif dari pembimbing kemasyarakatan, penjamin, dan pihak pelatihan keterampilan kerja (Latker) dalam mendorong perubahan perilaku positif pada klien anak. Dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, penelitian ini menganalisis bagaimana ekspektasi positif memengaruhi motivasi, kepercayaan diri, dan kepatuhan klien anak terhadap program reintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional dan pujian dari pembimbing kemasyarakatan, seperti yang dialami klien R, S, dan K, berkontribusi pada perubahan perilaku positif, seperti peningkatan kepatuhan ibadah dan penghindaran pergaulan negatif. Namun, ekspektasi negatif dari lingkungan sosial dapat menghambat proses reintegrasi, memperkuat risiko Golem Effect. Penelitian ini merekomendasikan program ”HARAPAN POSITIF” untuk mengoptimalkan penerapan Pygmalion Effect melalui pelatihan sensitivitas dan penyuluhan kepada keluarga serta masyarakat, guna mencegah residivisme dan mendukung reintegrasi sosial yang efektif.
Kata Kunci: Pygmalion Effect, Reintegrasi Sosial, Perilaku Klien Anak