Pemberdayaan Pembelajaran Surface Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Yoga Rifqi Azizan, Bambang Yulianto, Yuniseffrendi ., Yonita Shelly Anggraeni, Yermia Nugroho Agung Wibowo

Abstract


: Penelitan pengabdian ini bertujuan mengetahui rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) mendorong perlunya strategi pengajaran yang relevan dan kontekstual. Program pengabdian ini berangkat dari kurangnya pelatihan guru serta keterbatasan media dan metode pembelajaran yang sesuai, khususnya dalam pendekatan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini memposisikan diri sebagai upaya pemberdayaan guru dan siswa melalui penerapan metode surface learning, yang menekankan penguasaan literasi dasar secara berulang, sederhana, dan menyenangkan. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan guru, penyediaan media bacaan, pembelajaran langsung kepada siswa, serta pelibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca dasar lebih dari 70% siswa, peningkatan motivasi dan kepercayaan diri, serta terciptanya lingkungan belajar yang positif. Selain itu, guru mendapatkan pemahaman baru dalam menerapkan strategi pengajaran berbasis surface learning. Program ini dapat dijadikan model pelatihan literasi dasar di sekolah Indonesia luar negeri lainnya yang memiliki tantangan multibahasa dan keterbatasan sumber belajar.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id