Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Emosional Melalui Mindful Self Compasiion Guna Mendorong Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Nisba Silvana, Juliet P.T. Makinggung, Selfy Manueke, Meiske W. Manopo

Abstract


Abstrak: Self compassion merupakan perwujudan rasa kasih sayang terhadap diri sendiri ketika dihadapkan dengan berbagai kerumitan hidup serta kekurangan dalam diri. Self compassion menjadi bagian terpenting dari kecerdasan emosional karena didalamnya terdapat kemampuan individu dalam mengamati kondisi emosinya serta mampu memanfaatkan berbagai informasi untuk memadukan pemikiran dan tindakan. Terdapat tiga bagian utama dari self compassion yaitu: self kindness, common humanity, dan mindfulness. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ditemukan sekitar 49 orang dari 53 orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah dan setelah ditelusuri lebih jauh salah satu penyebabnya adalah self compassion yang masih rendah. Tujuan dari pengabdian ini adalah membantu mahasiswa dalam meningkatkan kecerdasan emosional melalui self compassion. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan teknik butterfly hug dan mindfulness, kedua teknik ini dapat membantu untuk meningkatkan self compassion seseorang. Hasil dari Pengabdian Pada Masyarakat ini yaitu nilai dari self kindness dan common humanity berada diatas rata-rata nilai minimum ketercapaian efektivitas pelatihan yaitu 77,5% dan 83,5%, hal ini mengindikasikan bahwa pelatihan efektif pada kedua bagian self compassion tersebut. Namun efektivitas pelatihan belum tercapai pada bagian mindfulness yang memiliki nilai dibawah rata-rata nilai minimum yaitu sekitar 59%.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Self Compassion, Motivasi Berprestasi


Keywords


Kecerdasan Emosional; Self Compassion; Motivasi Berprestasi

References


Adisya, S. R., Satiadarma, M. P., & Subroto, U. (2025). Hubungan antara Self-Compassion dan Resiliensi pada Mahasiswa Perantau Tingkat Akhir. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 5(1), 257–272.

Amalia Zulfa, Febby Fariska, Abdul Malik Karim Amrullah, & Dewi Khurun Aini. (2024). Gambaran Mindfulness Mahasiswa Psikologi UIN Walisongo dalam Menjaga Kesehatan Mental. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), 73–85. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v3i2.2260.

Amita, N., Siregar, J., & Listyani, N. (2024). Pelatihan Self-Compassion Untuk Mengurangi Self-Criticism Pada Mahasiswa. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 16(1), 13–24. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol16.iss1.art2.

Dhamayanti, T. P., & Yudiarso, A. (2020). The Effectiveness of Mindfulness Therapy for Anxiety: A Review of Meta Analysis. PSIKODIMENSIA, 19(2), 174. https://doi.org/10.24167/psidim.v19i2.2734.

Haryani, N., IM Hambali, & Arbin Janu Setiyowati. (2023). Pengaruh Konseling Modification Mindful Self Compassion (MMSC) Terhadap Self Compassion Siswa Madrasah Aliyah. Buletin Konseling Inovatif, 3(2), 167–177. https://doi.org/10.17977/um059v3i22023p167-177.

Intan, P., Sari, R., Sulityowati, R. A., Eldi, N. A., Ilham Wakita, M., & Intan, S. P. (2025). Kajian Literatur Tentang Pengaruh Mindfulness Terhadap Pengurangan Stres Akademik Pada Mahasiswa. Sosial Dan Bisnis, 3(1), 201–210.

Mulyadi, D. L. D., Rohayati, N., & Maulidia, A. S. (2024). Kontribusi Self-Compassion Terhadap Psychological Well-Being Dewasa Awal yang Mengalami Quarter Life Crisis di Karawang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(2), 454–462. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i2.412.

Permana, L., Rahman, A. A., Nurlaila, I., Fakultas, H., Uin, P., Gunung, S., & Bandung, D. (2019). Peran Mindfulness dalam Meningkatkan Behavioral Self Control Remaja. 3(2), 110–117. http://jip.fk.unand.ac.id.

Putri, H. A., Hardi, Y., Alghiffari, E. K., & Siswanto, D. H. (2024). Penerapan Teknik Mindfulness dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 3(03), 152–162. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i03.733.

Raisa, R., Thalib, T., & Saudi, A. N. A. (2024). Self-Criticism dan Self-Compassion: Studi pada Mahasiswa Kedokteran di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(2), 474–482. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3432.

Septiana, A. C., Muhid, A., Program, S., Psikologi, U., Islam, N., Sunan, A., & Surabaya, I. (2022). Efektivitas Mindfulness Therapy Dalam Meningkatkan Self Acceptance Remaja Broken Home: Literature Review. Jurnal BK Pendidikan Islam, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.19105/ec.v1i1.1808.

Shoffa, R. B. (2025). Hubungan Self-Compassion Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa. JINU), 2(2), 272–279. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3684.

Ubaidah, A., & Nuraqmarina, F. (2025). Pengaruh Sikap Welas Asih Diri (Self-Compassion) pada Ketangguhan Diri (Hardiness) Dewasa Muda diperiode usia Quarter Life Crisis. In Journal Scientific of Mandalika (Vol. 6, Issue 2).

Waney, N. C., Kristinawati, W., & Setiawan, A. (2020). Mindfulness dan Penerimaan Diri Pada Remaja di Era Digital. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 73. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.969.

Wiffida, D., Made, I., Dwijayanto, R., Ketut, I., & Priastana, A. (n.d.). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self-Compassion: Studi Literatur. In Indonesian Journal of Health Research (Vol. 2022, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id