Penguatan Daya Saing UMKM Bawang Goreng dan Keripik Kentang Sa-Va di Kota Jambi melalui Inovasi Produk, Digitalisasi, dan Perluasan Pasar

Muhammad Haris Saputra, Fitriaty Fitriaty, Guspianto Guspianto

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan berdasarkan survey dan diskusi tim dengan mitra, permasalahan utama yang dihadapi mitra saat ini adalah 1. Proses produksi yang masih manual dan tidak efisien, produk yang dihasilkan belum memiliki informasi kandungan gizi dan nutrisi 2. kemasan saat ini kurang menarik konsumen, membuat produk tidak tahan lama dan rentan rusak 3. Manajemen usaha dibagian pencatatan keuangan masih manual belum terpisah dengan keuangan pribadi, 4. pemasaran terbatas karena masih dilakukan secara ofline yang dilakukan di kota Jambi saja, belum menggunakan platform online melalui e-commerce, website dan media sosial. Urgensi kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra yang telah dijelaskan diatas sehingga UMKM diharapkan memiliki daya saing yang kuat serta usaha yang berkelanjutan. Tujuan utama dari Pengabdian PKM ini untuk meningkatkan daya saing UMKM, peningkatan kapasitas produksi, manajemen usaha, dan perluasan pasar yang dimiliki oleh mitra sehingga dapat menyerap tenaga kerja, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mitra di sekitarnya, keberlanjutan usaha, mendorong kemandirian ekonomi lokal yang inovatif, berkelanjutan, dan adaptif. Penguatan Daya Saing UMKM melalui Inovasi Produk, Digitalisasi, dan Perluasan Pasar sehingga dapat meningkatkan peningkatan kapasitas produksi, informasi gizi, kandungan nutrisi dan kalori pada label produk, manajemen keuangan secara digitaliasi, yang akan berdampak terhadap peningkatan penjualan dan omzet. perluasan pasar melalui e-commerce dan online. Dengan demikian, diharapkan Mitra dapat berkembang dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani lokal, menciptakan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan perekonomian lokal

Keywords


Daya Saing; E-Commerce; Inovasi ; Digitalisasi; Perluasan Pasar.

References


Fitriaty, F., Lubis, T. A., Elliyana, D., Saputra, M. H., & others. (2023). Post-COVID-19 improvement strategies for strengthening the competitiveness of MSMEs in the tourism area of Jambi. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 16(1), 97–110.

Fitriaty, F., Lubis, T. A., Elliyana, D., Widiastuti, F., & Saputra, M. H. (2022). Optimalisasi Melalui Peningkatan Inovasi Usaha pada Usaha Kecil Snova Senja Cookies. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 4(3), 83–87.

Fitriaty, Lubis, T. A., Saputra, M. H., & Elliana, D. (2022). Improvement Strategies For Strengthening Msme Competitiveness In The Post-Covid-19 Tourism Area In Jambi City. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah.

Guspianto, Nurwaqiah Ibnu, I., Sitanggang, Dhermawan, H., Hubaybah, & Sari, P. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pedoman Gizi Seimbang Pangan Lokal Untuk Mengatasi Stunting Pada TP PKK Danau Teluk. Empowering Society Journal, 05(03). https://ojs.fdk.ac.id/index.php/ESJ/article/view/3268

Hernita, H., Surya, B., Perwira, I., Abubakar, H., & Idris, M. (2021). Economic business sustainability and strengthening human resource capacity based on increasing the productivity of small and medium enterprises (SMES) in Makassar city, Indonesia. Sustainability, 13(6), 3177.

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kelurahan karangmalang kecamatan indramayu kabupaten indramayu: Implementation Of Digital Marketing For Micro, Small And Businesses Medium (UMKM) In Kelurahan Karangmalang Kecamata. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102.

Pujiastuti, N. F. A. dan E. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu melalui Model PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 525.

Saputra, M. H., Firmasari, P., Fadillah, Y., MArdiana, R., & Hassandi, I. (2023). Tantangan Sosial Ekonomi Pasca Covid-19 Menghadapi Era 5.0 Society Untuk Mencapai Kinerja Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 2(2), 146–151. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jumanage/article/view/708

Sari, J., Mildawati, T., Widyawati, D., Laily, N., & others. (2023). Community Empowerment through Digital Marketing Optimization-Based Socio-preneurship Training. South Asian Journal of Social Studies and Economics, 20(4), 90–102.

Sawlani, D. K., & SE, M. (2021). Digital marketing: brand images. Scopindo Media Pustaka.

Singh, D. (2019). Implementation of technology innovation in MSMEs in India: Case study in select firms from Northern region. Journal of Science and Technology Policy Management, 10(3), 769–792.

Singh, G., Sharma, S., Sharma, R., & Dwivedi, Y. K. (2021). Investigating environmental sustainability in small family-owned businesses: Integration of religiosity, ethical judgment, and theory of planned behavior. Technological Forecasting and Social Change, 173, 121094. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121094

Suhendar, E., Hapsari, A. T., Suaedah, S., Mariana, D., & Murodif, A. (2024). Digitalisasi UMKM Sebagai Upaya Pemberdayaan Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(1), 274–281.

Wasis, W., & Pramiana, O. (2024). Pendampingan Manajemen Operasional UMKM Desa Katemas Kecamatan Kudu. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id