Edukasi Kepada Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi dalam Menghadapi Proses Perkuliahan Pada Saat Wabah Covid-19

Yuli Ifana Sari, Nelya Eka Susanti, Ninik Indawati

Abstract


Penyebaran virus covid-19 mempengaruhi aspek pendidikan dengan adanya kebijakan dari pemerintah untuk meliburkan sekolah dan kampus. Konsep pembelajaran yang terjadi selama terjadi wabah adalah dengan menggunakan metode daring. Peran orangtua sangat penting dalam memberikan pendampingan dan motivasi selama siswa belajar di rumah. Sedangkan rata-rata mahasiswa yang tempat tinggalnya jauh dari orangtua kurang mendapatkan pendampingan. Sehingga dibutuhkan partisipasi Program Studi (Prodi) dan dosen untuk mensupport mahasiswa menyelesaikan kuliah. Edukasi kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi dalam menghadapi proses perkuliahan pada saat wabah covid-19 dengan menggunakan metode webinar dan pendampingan. Adapun rangkaian kegiatannya sebagai berikut: 1) pemberian materi yang berkaitan dengan wabah covid-19, 2) memberikan motivasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas proses perkuliahan pada saat wabah covid-19, 3) tanya jawab yang berkaitan dengan materi covid-19 dan langkah sukses dalam proses perkuliahan pada masa wabah covid-19, dan 4) kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian adalah sebagai berikut: 1) terlaksananya kegiatan webinar edukasi dan motivasi kepada mahasiswa dalam proses perkuliahan pada masa wabah covid-19, 2) terlaksananya kegiatan memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas proses perkuliahan pada saat wabah covid-19, dan 3) terlaksananya partisipasi Prodi Pendidikan Geografi dalam memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang menghadapi wabah covid-19.

Keywords


Edukasi, Mahasiswa, Proses Perkuliahan, Wabah Covid-19

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.

Buana, D. R. (2020). Analisis perilaku masyarakat indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) dan kiat menjaga kesejahteraan jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226.

Dai, D., & Lin, G. (2020). Online home study plan for postponed 2020 spring semester during the COVID-19 epidemic: A case study of Tangquan middle school in Nanjing, Jiangsu province, China. Jiangsu Province, China (March 15, 2020).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis pengaruh penggunaan internet terhadap minat belajar mahasiswa (studi kasus: perguruan tinggi di Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 3(2), 104–115.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66–71.

Zhang, K., Yang, Z., & Başar, T. (2021). Multi-agent reinforcement learning: A selective overview of theories and algorithms. Handbook of Reinforcement Learning and Control, 321–384.

Tirto, id. 2020. Kesehatan. (Online), (https://tirto.id/update-corona-11-juni-2020-indonesia-dunia-data-terbaru-hari-ini-fGNK, diakses pada tanggal 11 Juni 2020).

Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192.

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and after Covid-19: Immediate responses and long-term visions. Postdigital Science and Education, 2(3), 695–699.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i02.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id