Penerapan Audit dalam Pembukuan Usaha di Kelurahan Gaharu-Medan

Stefvy Stefvy, Rosita Rosita, Anton Anton, Hengky Hengky, Erwin Salim

Abstract


Audit merupakan pemeriksaan independen atas pernyataan pendapat atas sebuah laporan keuangan perusahaan oleh auditor yang ditunjuk, sesuai dengan penunjukan itu dan sesuai dengan kewajiban hukum yang relevan. Para pengusaha seringkali luput dalam memperhatikan pentingnya audit untuk keuangan dan jalannya usaha yang mereka jalankan. Dengan adanya audit keuangan, kredibilitas laporan keuangan dapat ditingkatkan merupakan perwakilan posisi dan kinerja organisasi kepada pemangku kepentingan perusahaan (pihak yang berkepentingan). Kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh pengusaha UKM setempat yang tertarik untuk mengetahui pentingya pelaksanaan audit dalam usaha. Hal ini juga disebabkan dengan adanya salah satu pertanyaan dari peserta yang mengatakan bahwa omset yang tinggi tidak menentukan laba bersih yang tinggi. Dalam hal ini, dijelaskan bahwa peran dari audit keuangan dapat memunculkan biaya mana yang menjadi penyebab masalah tersebut. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara diskusi dan pemaparan. Diakhir kegiatan, peserta mendapatkan hasil yang puas atas sesi pemaparan dan diskusi atas pentingnya kegiatan audit pembukuan sehingga dapat diketahui kondisi keuangan dari usaha yang dijalankan.

Keywords


Audit, Pembukuan, Usaha

References


Agoes, S. (2012). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Jilid 1, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Bernawati., R. M. C. Y. (2020). Penerapan Standar Profesional Audit Internal dan kualitas audit: sebuah tinjauan literature. . Penerbit Universitas Airlangga.

Holmes, S., & Nicholls, D. (1989). Modeling the accounting informaion requirements of small businesses. Accounting and Business Research, 19 (74), 143-150.

IAI. (2011). Standar Akuntansi untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

Indonesia., I. A. (2012). Standar Akuntansi Keuanga (SAK). Penerbit Salemba Empat : Jakarta.

Jati, Hironnymus, Bala, Beatus, dan O. N. (2004). Menumbuhkan Kebiasaan Usaha Kecil Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Bisnis dan Usahawan, II No. 8, 210 – 218.

Kurnia, SitiRahayu, dan E. S. (2010). Auditing: Konsep dasar dan pedoman pemeriksaan akuntan publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munawir, T. A. (2013). Analisis Perbedaan Etika Profesi Akuntan Dipandang Dari Segi Gender dan Tingkat Pendidik. Vol. 4, No. 2. Jurnal Akuntansi.

Suharta., R. A. T. (2012). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Bidan Kualitas Audit Terhadap Penentuan Opini Audit. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 11, no. 2, Desember 2012 : 77 – 86.

Suyono Eko. (2017). Peran Audit Eksternal Dalam Memajukan Usaha Kecil Dan Menengah di Jawa Tengah: sebuah kajian konseptual. Prosiding seminar nasional multi disiplin ilmu & call for papers unis bank ke-3 (sendi_u3) 2017

ISBN: 9-789-7936-499-93

Saputri Tina Hartati; Herma Wiharno. (2017). Pengaruh Risiko Audit dan Lamanya Waktu AuditTerhadapPenetapanAuditFee (surveypadaauditorkantor akuntanpublik di bandung). JRKA Volume 3 Isue 1,Februari2017 :95-104




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i02.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id