Efektifitas Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT) terhadap Peningkatan Izin Edar Produk Pirt Ikan Asap Kemasan di Wilyah Blimbing

Ayu Dian Ningtias

Abstract


Ikan asap kemasan blimbing merupakan upaya peningkatan nilai ekonomis dan higenitas produk olahan ikan asap, tentunya agar ikan asap kemasan terjamin legalitasnya diperlukan izin untuk mendukung legalitas produk olahan ikan asap tersebut. Izin produk sangatlah penting bagi kemanan dan legalitas sebuah produk. Secara umum (Sistem Keamanan Pangan Terpadu) SKPT dalam pelaksanaannya mengalami kelemahan sinergis antar jaringan yang dibentuk, dan secara nyata akan terganggu efektivitasnya. Hal inilah yang mengakibatkan banyaknya produk pangan olahan, khususnya PIRT yang tidak berizin edar, karena berbagai faktor dan kendala yang terjadi di lapangan, disamping penegakan hukumnya yang masih belum optimal, terutama yang terkait dengan pemberlakuan ketentuan izin edar yang belum dapat menjangkau kepada seluruh masyarakat produsen (pangan industri rumah tangga) PIRT.

Keywords


Ikan Asap Kemasan, Legalitas, Izin Edar

References


Agus Sunarto, 2009. Manajemen Pengelolaan Usaha Industri Rumah Tangga. Karya Mandiri. Semarang.

B. Miles, Mattew dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif . UI Press Jakarta.

Henry Siswosoediro, 2007. Mengurus Surat-surat Perijinan, Visimedia, Jakarta.

Janus. Sidabalok, 2010. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Muhammad Eggi H. Suzetta. Pengetahuan Hukum Untuk Konsumen, http://www.pikiranrakyat.com/cetak/1204/20/teropong/konsul-hukum.htm. 2003-2004.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v1i01.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id