Penanggulangan Erosi Tebing Sungai dengan Penerapan Konsep Bangunan Hijau Melalui Penanaman Rumput Vetiver

Muhammad Ikhsan, Cut Suciatina Silvia, Yusrizal Yusrizal, Chaira Chaira

Abstract


Gerusan tebing sungai merupakan salah satu permasalahan yang mengancam kestabilan tebing sungai, gerusan ini banyak menimbulkan kerugian yang berdampak terhadap keberlangsungan lahan yang ada disekitar sungai, tidak sedikit perkebunan dan perumahan warga yang tinggal di pinggir sungai. Desa Alue Buloh, merupakan salah satu desa yang terletak di pinggir sungai Krueng Ineung Daerah Aliran sungai (DAS) Krueng Seunagan merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Nagan Raya yang terhubung dengan jembatan ke desa Latong, terjadinya gerusan dasar sungai dan gerusan lokal yang sudah sangat mengkhawatirkan. Gerusan tebing sungai merupakan hal yang sangat mengancam bagi lahan yang ada disepanjang sungai tersebut, jika dibiarkan gerusan tersebut dapat terus menerus mengikis lahan penduduk, Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat metode yang relative mudah dan ramah lingkungan dalam usaha melindungi tebing sungai dari ancaman gerusan oleh aliran air sungai tersebut, pelatihan dikemas dengan kegiatan sosialisasi dimana dalam kegiatan ini masyarakat/mitra diberikan materi dan cara pembibitan serta penanaman langsung rumput vetiver yang menjadi tumbuhan yang akan membantu mengurangi dampak gerusan tersebut. Luaran yang dicapai dalam pengabdian ini adalah peningkatan kapasitas kelompok masyarakat dalam hal penanggulangan erosi tebing sungai secara vegetative dan melakukan pembibitan vetiver dan penanaman langsung pada pinggir sungai.

Keywords


Gerusan Tebing Sungai; DAS; Alue Buloh; Krueng Ineung; Vetiver

Full Text:

PDF

References


Noor A, Vahlevi J dan Fathurrozi, 2011. Stabilitas Lereng Untuk Pengendalian Erosi Dengan SoilBioengineering Menggunakan Akar Rumput Vetiver. Jurnal Poros Teknik, Vol. 3 No 2 2011.

Susilawati, 2016, Kajian Rumput Vetiver Sebagai Pengaman Lereng Secara Berkelanjutan, Media Komunikasi Teknik Sipil, Jurnal Ilmu dan Terapan Bidang Teknik Sipil, Vol. 22 No. 2.

Truong P, Van T T dan Pinners E, Tahun 2007. Vetiver System Application. The Vetiver Network International, Vietnam.

Wahyudi H, 2017, Akar Wangi si Perkasa Penyangga Tebing Sungai Bondoyudo.

Wijayakusuma R, 2007. Stabilitasi Lahan dan Fitoremedesi Dengan Vertiver Sistim. Seminar Green Design. Prigen Pasuruan 26-29 Juli. Jawa Timur




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v5i01.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id