Workshop E-Commerce bagi Para Pemuda Pelaku Bisnis di Kartasura

Afnan Rosyidi, Siti Rihastuti, Nina Dewi Lashwaty, Ina Sholihah Widiati

Abstract


Pandemi covid-19 berdampak pada meningkatnya transaksi jual beli yang semula bersifat offline menjadi online ditengah-tengah kondisi pembatasan aktivitas masyarakat oleh pemerintah. Para pelaku usaha yang tidak ingin usahanya mengalami penurunan pendapatan ataupun gulung tikar mau tidak mau harus beradaptasi dengan keadaan yang ada. Mereka harus belajar untuk menjual produk/jasanya melalui daring/online demi menjangkau dan memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu perlu adanya seminar yang membantu para pemuda pelaku usaha bisnis di Kartasura dalam memahami e-commerce berikut tools yang akan digunakan, maka STMIK Amikom Surakarta mengadakan “Workshop E-Commerce bagi Para Pemuda Pelaku Bisnis di Kartasura”. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode ceramah secara daring via zoom mengingat kasus covid-19 yang cukup tinggi di wilayah Jawa Tengah pada umumnya dan Solo Raya khususnya. Para peserta tidak hanya dapat memahami pentingnya e-commerce berikut tools-nya dalam kegiatan pemasaran, tetapi juga menjadi mengerti cara memilih dan menggunakan tools e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan para pemuda pelaku bisnis. Tim pengabdian kepada masyarakat berkomitmen untuk terus berkomunikasi dalam rangka pembinaan  kegiatan penerapan e-commerce bagi pelaku bisnis di Kartasura dan menyarankan supaya dibentuk wadah yang dapat memberikan pembinaan secara berkala bagi para pemuda pelaku bisnis di Kartasura khususnya supaya dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Keywords


E-commerce; kewirausahaan; tools penjualan online

Full Text:

PDF

References


Alwendi. (2020). Penerapan e-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317–325.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43.

Hildayanti, M., & Sariwaty, Y. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Orange Button (Studi pada PT Pinisi Terbang Menari). Jurnal Purnama Berazam, 2(1), 69–79.

Nasir, M., Basalamah, J., & Kusuma, A. H. P. (2019). Kegiatan e-Marketing Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 2–8.

Nasyaya, M., & Adila, I. (2019). Diversifikasi Fitur dan Kolonialisasi Data Pada LINE Social Messaging. Jurnal Komunika (Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika), 8(2), 96–104.

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47–56.

Nova, S. P. (2018). Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru. Jom Fisip, 5(1).

Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32–37.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan di Kalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3).

Untari, D., & Fajarina, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta Jurnal Sekretariat Dan Manajemen, 2(2), 271–278.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v5i01.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id