Pemberdayaan Organisasi Pemuda Desa dan Karang Taruna Desa dalam Tata Kelola Organisasi Di Masa Pandemi COVID-19

Fathor AS, Mohammad Arief

Abstract


Berdasarkan berbagai permasalahan yang dialami organisasi pemuda desa, maka tujuan kegiatan abdimas ini adalah meningkatkan kemampuan organisasi pemuda desa dan karang taruna desa di bidang tatakelola organisasi dan program kerja. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, praktek, pendampingan dan konsultasi. Pelatihan ini menggunakan pendekatan daring media Google Meet dan Whatsapp Group, dengan konsep di dampingi oleh peserta KKN Tematik Satgas Covid-19 sebagai pendamping lapangan. Hasil dari kegiatan abdimas kepada sepuluh (10) organisasi pemuda desa dan karang taruna desa antara lain : 1) Pree test dengan hasil test dari 20 peserta atau 100% tidak ada yang memiliki jawaban benar secara keseluruhan, rata-rata jawaban hanya benar 60%, 2) Kegiatan tutorial dengan hasil kegiatan adalah peserta sangat antusias mendengarkan paparan materi dari mentor, dan 3) Hasil post test menunjukkan bahwa sebagian peserta telah memahami materi dan memahami langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya. Hal ini terbukti bahwa sebagian besar 80% peserta memiliki nilai post test yang cukup sempurna yaitu 95 dari grade 100. Artinya bahwa kegiatan abdimas ini telah mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mitra abdimas.


Keywords


Pemuda desa; Organisasi pemuda; Pelatihan; Tata kelola Organisasi dan Program

Full Text:

PDF

References


Daulay, Harmona . 2006. Pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus Pedagang Jamu di Gedung Johor Medan). Jurnal Harmoni Sosial, September 2006, Volume I, No. 1; P. 7-14.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta

Nirmalasari, Tiana dan Novi Widiastuti. 2018. Peran Tokoh Pemuda Dalam Meningkatkan Partisipasi Karang Taruna Di Desa Nanjung Margaasih, Comm-Edu (Community Education Journal), Volume 1 Nomor 2. P. 94-105.

Peraturan Menteri Sosial RI No. 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna

Stephen. P. Robbins. 1994. Teori Organisasi Struktur Design dan Aplikasi. Jakarta. Arcan.

Widjaja, HAW. 2003. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Asli Bulat dan Utuh. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v5i01.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id