Pendampingan Pemuda Investasi Sampah Berbasis Media Sosial di Desa Jugo, Sekaran, Lamongan

Winarto Eka Wahyudi, Tawaddudin Nawafilaty

Abstract


Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang sangat komplek dalam berbagai sisi aspek manapun karena akan berdampak pada permasalahan ekonomi, politik dan sosial budaya. Perlu pengolahan yang efektif, strategis dan cerdas agar sampah menjadi sesuatu yang bernilai positif. Problem sampah ini, salah satunya ditemukan di Desa Jugo, kecamatan Sekaran, Lamongan. Masih melimpahnya sampah, berdampak pada lingkungan desa terkesan kotor dan tidak asri. Kondisi seperti ini tentu meresahkan dan dimungkinkan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah melakukan pemberdayaan pemuda melalui gerakan investasi sampah dengan menginisiasi bank sampah. Dengan memberdayaan Karang Taruna Desa Jugo, dilakukan asistensi pengelolahan sampah melalui pembentukan bank sampah sebagai upaya mengatasi permasalahan kondisi lingkungan yang kurang bersih. Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering, organik-anorganik, terurai dan tak dapat diurai yang selanjutnya dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi dengan basis modal sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam. Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual dipabrik yang sudah bekerjasama. Bank sampah berfungsi sebagai tempat untuk menampung, memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan secara ekonomi dari menabung sampah.

Keywords


Lingkungan, Ekonomi, Pengolahan Kembali, Sampah

References


Aji, dkk. “Pengembangan PAUD Pro-Lingkungan Hidup Melalui Scalling Dalam Program Integrated Community Development (ICD) PT. TIV.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 5, no. 1 (2016): 129–150. Accessed April 29, 2017.

Asteria, Donna, and Heru Heruman. “BANK SAMPAH SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT DI

TASIKMALAYA (Bank Sampah (Waste Banks) as an Alternative of Community-Based Waste Management Strategy in Tasikmalaya).” Jurnal Manusia dan Lingkungan 23, no. 1 (February 28, 2016): 136.

Fathurrohman, Amang. “Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini Suku Tengger Di Wilayah Terpencil Dusun Surorowo Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.” In 1st Annual Conference for Muslim Scholars Kopertais Wilayah IV Surabaya, 408–416. Surabaya: Kopertais Wilayah IV Surabaya, 2017.

Fathurrohman, Amang, M. Dayat, M. Daimul Abror, Zainul Ahwan, Lukman Hakim, Syukur Sugeng Apriwiyanto, and Mulyono Wibisono. Inisiasi Tata Kelola Manajemen Bank Sampah Berbasis IT Pada Komunitas Bank Sampah Berbasis Sekolah, Pemuda, Dan Masyarakat Di Kabupaten Pasuruan. Kabupaten Pasuruan, 2018.

Fathurrohman, Amang, M Dayat, Syukur Sugeng Apriwiyanto, and Mulyono Wibisono. “Shodaqoh Sampah Usia Dini: Implementasi Program Shodaqoh Sampah Pada Pendidikan Usia Dini Wanjati Junior Pandaan Pasuruan.”

PROCEEDINGS: Annual Conference for Muslim Scholars 1, no. Series 2 (2018): 711–720.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Rencana Aksi Nasional Dalam Menghadapi Perubahan Iklim. Indonesia, 2007.

Melyanti, Imelda Merry. “Pola Kemitraan Pemerintah, Civil Society, Dan Swasta Dalam Program Bank Sampah Di Pasar Baru Kota Probolinggo.” Kebijakan dan Manajemen Publik 2, no. 1 (2014): 1–9.

Muhammad Fahmi. “2018, Wajah TPA Kenep Bakal Berubah Jadi Begini.” Radar Bromo. Last modified 2017. Diakses 29 Agustus 2019.

Purwanta, Wahyu. “Penghitungan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Dari Sektor Sampah Perkotaan Di Indonesia.” Jurnal Teknik Lingkungan 10, no. 1 (2009): 1–8.

Rossi. “Jumlah Bank Sampah Jauh Dari Ideal.” Kabarbromoterkini.Com. Last modified 2015. Diakses Agustus 2019.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v1i02.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id