Pembangunan Lingkungan: Konservasi yang Berkelanjutan dengan Budidaya Tanaman Jeruk di MAN 5 Kediri, Jawa Timur

Rose Novita Sari Handoko

Abstract


Pendidikan sekolah yang bertaraf lingkungan merupakan salah satu upaya memberikan pengetahuan tentang pelestarian tanaman di pelajar sekolah. Budidaya pertanian dengan metode okulasi (mata tempel) yang mudah diterapkan oleh siswa setelah pemberian materi ini, agar siswa belajar mengembangkan tanaman yang ada dirumah. Pemberian materi yang disampaikan oleh perwakilan perguruan tinggi juga bertujuan memberikan wawasan bagi pelajar mengenai perguruan tinggi yang akan dihadapi oleh beberapa siswa di masa berikutnya. Ini merupakan salah satu sarana mendukung Sekolah Adiwiyata yang ramah lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan di MAN 5 Kediri dengan metode zoom oleh perwakilan dosen dari UNISMA Malang. Guru dan siswa MAN 5 Kediri sangat antusias, terbukti dari isian google form yang di isi setelah kegiatan selesai. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga efektif dalam pelaksanaan kegiatan ini, dilain hemat biaya dan tidak melupakan dari tujuan kegiatan ini. Guru dan siswa saling berdiskusi saat praktik okulasi yang telah diarahkan sebelumnya. Kegiatan ini sangat dianjurkan untuk diadopsi di sekolah lain dan dengan tanaman yang berpotensi pada wilayah masing-masing.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v5i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id