Pengolahan Limbah Cair Tahu dengan Menggunakan Effective Microorganism Organik (EM4 Organik)

Eko Sulistiono

Abstract


Salah satu industri pangan adalah proses produksi tahu. Limbah cair tahu akan menganggu kelestarian lingkungan jika langsung dibuang. Pengolahan limbah cair tahu antara lain dengan penambahan EM dan fermentasi anaerob. Kedua cara pengolahan tersebut diharapkan dapat menghasilkan produk akhir yang lebih bermanfaat, seperti pupuk/kompos dan biogas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik limbah cair tahu sebelum dan sesudah ditambah EM4. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental serta dilakukan di Laboratorium Tekno Park Universitas Islam Lamongan, sedangkan sampel limbah cair tahu diperoleh dari salah seorang pengrajin tahu di Desa Laren Kec. Laren Kabupaten. Bagian yang di analisis adalah keadaan fisik limbah yang meliputi bau dan warna serta ketahanan hidup ikan saat berada dalam air yang tercemar limbah tahu secara invitro. EM4 organik di buat sendiri menggunakan buah nanas dan gula yang di fermentasi selama 7 hari. Hasil fermentasi tersebut di tuangkan pada air limbah tahu yang kemudian di buang ke perairan. Hasil dari penelitian yang telah di lakukan yaitu warna bau dari limbah cair tahu menjadi berkurang, warna limbah cair tahu menjadi bening serta ketahanan hidup ikan pada perairan yang tercampur limbah tersebut menjadi lebih lama.

Keywords


Limbah Cair Tahu, EM4 Organik, Ketahanan Hidup Ikan

References


Amri, Yasirli. 2013. manfaat-dan-khasiat-buah-nanas , (Online), (http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/manfaat-dan-khasiat-buah-nanas.html) diakses 5 April 2014.

Judoamidjoyo, Mulyono, dkk., 1992. Teknologi Fermentasi. Edisi 1. Cetakan ke-1. CV Rajawali. Jakarta

Kompiang, I.P., 2009. Pemanfaatan Mokroorganisme sebagai Probiotik untuk Meningkatkan Produksi Ternak Unggas di Indonesia. Jurnal Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. BPPP. Departemen Pertanian. http://www.pustaka-deptan.go.id. Diakses 8 juli 2010.

Kusumaningrum, Febrianti Diah. 2013.manfaat-nanas-yang-terlupakan, (Online), (http://www.merdeka.com/sehat/9-manfaat-nanas-yang-terlupakan.html) diakses 6 April 2014.

Pasadanagara, Hidayat. 2010. Pembuatan Kompos dengan Teknologi EM 4, (Online),(http://blogs.unpad.ac.id/hidayatpasadanagara/2010/06/03/pembuatan-kompos-dengan-teknologi-em-4/), diakses 4 April 2014.

Putra, Riyandi Eka. Definisi Buah Nanas, (Online), (http://www.scribd.com/doc/86612349/Definisi-Buah-Nanas), diakses 4 April 2014.

Sukowati, Dewi. 2018. Pengolahan limbah cair tahu dengan menggunakan effective microorganism (EM4 dan EM5) dan potensinya sebagai penghasil pupuk dan biogas/ Ikenretna. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pengolahan-limbah-cair-tahu-dengan-menggunakan-effective-microorganism-em4-dan-em5-dan-potensinya-sebagai-penghasil-pupuk-dan-biogas-ikenretna-dewi-sukowati-39878.html, diakses 02 Agustus 2018.

Wikepedia. 2014. Definisi nanas, (Online), http://id.wikipedia.org/wiki/Nanas diakses 4 April 2014.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v1i01.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id