Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair untuk Meningkatkan Perekonomian Petani di Desa Sidorejo Kabupaten Lamongan

Diah Ayu Novitasari, Indah Kurniawati

Abstract


Pupuk organik cair (POC) salah satu pupuk organik yang sangat dibutuhkan oleh masyarkat dan popular di kalangan masyarakat. POC dibutuhkan masyarakat karena harganya yang relatif murah dan lebih ramah lingkungan. Namun masyarakat belum banyak yang tahu bahwa pembuatan POC sangat mudah dan bisa dilakukan oleh individu rumah tangga. Pelatihan pembuatan POC ini dilakukan atas permintaan warga masyarakat Desa Sidorejo. Pelatihan dilakukan pada 24 Juli 2019 dengan peserta warga Desa Sidorejo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Tujuan pelatihan ini adalah agar warga Desa Sidorejo dapat membuat sendiri POC dan dapat mengembangkan menjadi usaha untuk meningkatkan pendapatan warga Desa. Analisis Kelayakan Usaha Pembuatan POC didapatkan bahwa nilai ROI adalah 19,047%. Hal ini berarti usaha pembuatan POC dapat menghasilkan pendapatan 19,047% dari biaya investasi yang dikeluarkan.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat, Pupuk organik cair, bisnis pertanian

References


https://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/membuka-usaha-pembuatan-komposter-dan.html (diakses tanggal 19 Agustus 2019)

https://alamtani.com/pupuk-organik-cair/ (diakses tanggal 19 Agustus 2019)




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id