Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

Moh. Muklis Sulaeman

Abstract


Seiring berkembangnya zaman dunia teknologi semakin berkembang, sehingga UMKM perekonomian masyarakat harus mengikuti alur perkembangan teknologi untuk mempertahankan eksistensi dalam menjalankan bisnis dan usaha, karena Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan. perekonomian Indonesia. UMKM memiliki andil sebesar 85% dalam penyerapan tenaga kerja. Dalam suatu usaha dibutuhkan studi mengenai kelayakan dari usaha tersebut. Namun kenyataannya masyarakat hanya terfokus pada status kerja sebagai karyawan diperusahaan untuk mendapatkan penghasian. Karena itulah pengembangan masyarakat dengan metode sosialisasi penanaman jiwa kewirausahaan dan bisnis online dilakukan untuk membantu memotivasi masyarakat untuk menjalankan usaha mandiri. Pemberdayaan merujuk pada kemampuan seseorang, khususnya kelompok lemah untuk memiiki akses terhadap sumber-sumber produktif yang memungkinkan mereka dapat meningkatkan pendapatannya dan berpartisipasi dalam proses pembangunan serta pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan perekonomian desa melalui UMKM. Faktor pendukung dalam pengembangan masyarakat di bidang ekonomi ini meliputi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah serta partisipasi masyarakan yang cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan modal, sarana dan prasarana.

Keywords


UMKM, Kewirausahaan, Pengembangan Perekonomian

References


Andini, Ully Hikmah, dkk. 2015. PemberdayaanEkonomi Masyarakat dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol 2.No. 12.

Darwanto. 2013. Peningkatan Daya SaingUMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas.Jurnal Bisnis dan Ekonomi.Hal.142-149.Vol 20, No. 2.

Graha, Adi Nu. Pengembangan Masyarakat Pembangunan Melalui Pendampingan Sosial dalam Konsep Pemberdayaan di BidangEkonomi.Jurnal Ekonomi MODERNISASI.

Lantu, D.C., Triady. M.S., Utami, A.F., Ghazali, A.2016. Pengembangan Model PeningkatanDaya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal ManajemenTeknologi. Vol 15 No. 1. Hal 77-93.

Lazurdi, R. F., Fitria, L., Bakar, A. 2014. ArtikelJurnal Imiah Analisis Kelayakan UsahaMobile Carwash di Kota Bandung.JurnalOnline Institut Teknologi Nasional.Vol. 01No. 03.

Murdani dkk., Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Mikro kecil Menenggah, Jurnal online Universitas Negeri Semarang. Vol 23 No.2 : Hal. 152-157

Rintuh, Cornelisdan Miar. 2005. Kelembagaandan Ekonomi Rakyat. Yogyakarta: BPFE.

Siagian, Sondang P. 2003. Administrasi Pembangunan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.Riharjo, Adisasmita. 2006. PembangunanPerdesaan dan Perkotaan.Yogyakarta.Graha Ilmu.

Suryana. 2006. Ekonomi Pembangunan: Problematika dan Pendekatan. Jakarta: PustakaPelajar.

Zamhariri. 2008. Pengembangan Masyarakat:Perspektif Pemberdayaan dan Pembangunan. Vol 4.No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id