Penerapan Kartu RFID Berbasis Internet Of Things untuk Efisiensi Pelacakan Peralatan Laboratorium di Sekolah Kejuruan

Siti Sendari, Yuni Rahmawati, Anik Nur Handayani, Danang Arengga Wibowo, Mohammad Yussril Asri, Soraya Norma Mustika, Guyub Raharjo, Nur Halim

Abstract


Jumlah peralatan laboratorium di lingkungan sekolah kejuruan sangat banyak dan pada umumnya terkumpul dalam satu ruang penyimpanan. Untuk penggunaannya, siswa mengajukan peminjaman untuk dibawa ke ruang laboratorium sesuai jadwal. Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan mengatasi problem dalam pelacakan peralatan laboratorium yang di digunakan oleh sekolah kejuruan, maka alat yang murah dan mudah implementasinya adalah kartu Radio Frequency Identification (RFID). Kartu ini diterapkan dalam rangka pengecekan keluar masuk alat laboratorium. Untuk meningkatkan efisiensinya alat dimodifikasi sebagai sistem berbasis Internet of Things dan diterapkan sebagai produk kerjasama ungulan, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan dilaksanakan bersama melalui perancangan, pengembangan, impementasi dan pengujian dalam bentuk forum grup diskusi antara, dosen, mahasiswa, guru, dan siswa kejuruan terkait. Mitra pengabdian dalam kegiatan ini adalah sekola kejuruan binaan Universitas Negeri Malang, yaitu SMKN6 Kota Malang.

Keywords


pelacakan peralatan, peralatan laboratorium, managemen peralatan laboratorium, internet of things.

References


Aida, Z., & Hidajat, S. T. (2019). Implementasi Pembelajaran Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Siswa Tata Boga Di Smkn 3 Kota Bengkulu. Tiadik, 18(2), 33–46.

Fattah, F. A., Martono, T., & Sawiji, H. (2021). Pembelajaran Teaching Factory Untuk Menghasilkan Lulusan Smk Yang Sesuai Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.47387/sena.v1i1.39

Hidayat, R., Pengajar, S., Teknologi, J., & Polnes, I. (2010). Teknologi Wireless RFID Untuk Perpustakaan Polnes : Suatu Peluang. Jurnal Informatika Mulawarman, 5(1).

Permana, A., Surapati, A., & Santosa, H. (2022). Penerapan Teknologi Rfid, Gsm Dan Gps Pada Perancangan Sistem Keamanan Sepeda Motor. Jurnal Teknologi, 14(1), 19–26. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jurtek/article/view/10556%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/jurtek/article/download/10556/6730

Tan, R., Kartawihardja, D. S., & Christian, I. (2017). Penerapan Teknologi RFID untuk Purwarupa Pencatatan Presensi Mahasiswa di Laboratorium Komputer. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(2), 122. https://doi.org/10.20473/jisebi.3.2.122-128

Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar.

Arends, R. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Satu. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khabibah, Siti, 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan soal terbuka untuk meningkatkan kreatifitas siswa sekolah Dasar. Disertasi, Tidak di Publikasikan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya

Nur, Mohamad. 2012. Gagasan Menyiapkan Lulusan yang Adaptif Terhadap Perubahan. Catatan diskusi di Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa tanggal 10 September 2012

Peraturan Menteri Pendidikan No 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Rosana, Dadan. 2012. Menggagas Pendidikan IPA yang Baik Terkait Esensial 21st Century Skills. Makalah ini Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA ke IV, di Surabaya, tanggal 15 Desember 2012.

Samani, Muchlas. 2014. Tiga Problem Mendasar Pendidikan di Indonesia. Makalah ini disampaikan pada Munas ISPI di Surabaya 6-7 Desember 2014

Subekti, Hasan, Isnawati, Nur, Mohamad 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD untuk Memberi Kemudahan Guru Mengajar dan Siswa Belajar IPA dan Keterampilan Berfikir. LPPM Unesa




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v6i1.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id