Pelatihan Budidaya Magot sebagai Alternative Pakan Ternak di Desa Baturono Lamongan

Fita Faridah, Puguh Cahyono

Abstract


Permasalahan baru yang harus dihadapi oleh para peternak yaitu meningkatnya harga pakan ternak, sehingga membuat peternak harus mencari alternative lain untuk menekan biaya pakan, budidaya maggot solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut sebagai pengganti pakan ternak yang berprotein tinggi. Dalam Pengabdian masyarakat kali ini melaksanakan kegiatan pelatihan budidaya maggot sebagai alternative pakan ternak yang dilaksanakan di desa Baturono. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara ceramah, diskusi dan praktek. Hasil dari pengabdian ini adalah besarnya antusias masyarakat terhadap pelatihan ini dengan dibuktikan aktifnya masyarakat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan banyaknya peserta yang aktif dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa pelatihan budidaya maggot di desa baturono ini berlangsung sukses dan Meningkatnya pemahaman dan sikap peserta tentang pentingnya pengolahan limbah untuk budidaya Maggot sebagai alternative pakan ternak

Keywords


Magot, Black Soldier Fly, Alternatif pakan ternak

References


Badan Pengkajian Teknologi Pertanian [BPTP]. 2016. Teknologi pengomposan limbah organik kota dengan menggunakan black soldie _ly. Jakarta (ID): Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Booth DC, Sheppard C. 1984. Oviposition of the black soldier _ly, Hermetia illucens (Diptera: Stratiomyidae): Eggs, masses, timing and site characteristics. Environ Entomol 13(2): 421-3.

Darmawan M, Sarto, Prasetya A. 2017. Budidaya larva black soldier _ly (Hermetia illucens) dengan pakan limbah dapur (daun singkong). Dalam: Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi dan Perancangan Industri (RAPI) XVI 2017. Prodising: 2018 Des 13-12; Surakarta. Surakarta (ID): Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta. p. 208-13.

Dengah SP, Umboh JF, Rahasia CA, Kowel YH. 2016. Pengaruh penggantian tepung ikan dengan tepung maggot (Hermetia illucens L.) dalam ransum terhadap performans broiler. Jurnal Zootek 36(1): 51-60. Diener S, Solano NM, Gutiérrez FR, Zurbrügg CT. 2011. Biological treatment of municipal organic waste using black soldier fly larvae. Waste Biomass Valor 2(1): 357-63.

Diener S. 2010. Valorisation of organic solid waste using the black soldier fly, Hermetia illucens L., in low and middle-income countries [Disertasi]. Diambil dari ETH Zurich.

Pangestu, widya. Universias Gajah Mada. 2017. Produksi Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) dari Limbah Kulit Pisang dan Limbah Nangka Muda. Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/

Yurie. 2019. Cara Budidaya Maggot Black Soldier Fly Terbaru 2019. Di unduh dari Sumber Berita: https://www.yuriebsf.com/cara- budidaya-maggot/

Yuwono AS. 2004. Proses pengomposan bahan organik sebagai salah satu sumber pencemaran udara. Dalam: Simposium Nasional Pertanian Organik. Prosiding: 2004 Nov 29; Bogor.

Yuwono SY, Priscilia DM. 2018. Penggunaan Larva maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam pengolahan limbah organic. Published by Seamio Biotrop. Bogor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id