Meningkatkan Kemampuan Daya Saing Siswa SMK melalui Program Pengembangan Karir

leny latifah, Romia Hari Susanti

Abstract


Abstrak: Untuk mengoptimalkan pelajar SMK untuk menjadi tenaga kerja dan meningkatkan daya saing di dunia kerja, konselor harus memberikan program pengembangan karir, memahami dan melatih siswa untuk melihat realitas kehidupan dan kondisi kerja, serta berinteraksi dengan rekan kerja, supervisor, dan sikap yang harus ada di lingkup tempat kerja. Selain itu, melalui program ini, siswa diharapkan membuat rencana ke depan untuk memenuhi persyaratan magang, melanjutkan mengajar di perguruan tinggi atau studi pascasarjana. Program pengembangan dilaksanakan melalui sosialisasi, kepemimpinan, dan konseling kelompok. Hasil penelitian ini adalah adalah; (1) siswa memperoleh pemahaman dan informasi tentang pengembangan karir, (2) membantu siswa mengidentifikasi arah karir serta pengembangannya, (3) memahami fokus karir mana yang dimaksimalkan, (4) berpotensi untuk mengambil keputusan karir yang tepat. diperkuat, (5) orientasi dan pengetahuan tentang dunia kerja dan usaha menurut penghasilan, dan (6) nasehat dan informasi tentang pendidikan tinggi khususnya yang berkaitan dengan profesi.

Kata kunci: daya saing, siswa SMK, pengembangan karir, kerja.

 

Abstrak: To optimize vocational students to become workforce and increase competitiveness in the world of work, counselors must provide career development programs, understand and train students to see the realities of life and working conditions, as well as interact with colleagues, supervisors, and attitudes that must exist in the scope of work. workplace. In addition, through this program, students are expected to plan ahead to fulfill internship requirements, continue into college teaching or postgraduate studies. The development program is carried out through outreach, leadership and group counseling. The results of this study are; (1) students gain understanding and information about career development, (2) help students identify career directions and their development, (3) understand which career focus is maximized, (4) has the potential to make the right career decisions. strengthened, (5) orientation and knowledge about the world of work and business according to income, and (6) advice and information about higher education, especially those related to the profession.

Keywords: competitiveness, vocational students, career development, work.


References


Elmanda, V., Purba, A. E., Sanjaya, Y. P. A., & Julianingsih, D. (2022). Efektivitas Program Magang Siswa SMK di Kota Serang Dengan Menggunakan Metode CIPP di Era Adaptasi New Normal Pandemi Covid-19. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 5–15.

Estafetta, P. W. (2018). Pengaruh Kesenjangan Pengambilan Keputusan Program Studi Terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa BK UNY. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 129–142.

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218–244.

Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). Program Bimbingan Karir pada Siswa Kelas XII SMK Assaabiq Singaparna. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–40.

Iswara, B., Prasetyani, A., & Sauda, S. (2021). Analisis Keefektifan Layanan Bimbingan Karir di SMK Berdasarkan Keberhasilan Karir Lulusan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(1), 1–7.

Lestari, D., & Supriyo, S. (2016). Kontribusi minat jurusan, kualitas layanan informasi karir, dan pemahaman karir terhadap kemampuan mengambil keputusan karir. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 47–54.

Mendikbud. (1997). Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Ganda di Sekolah Kejuruan. Jakarta.

Nabawi, R. (2020). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183.

Nikmarijal, N., Janawi, J., Wahyudi, W., & Komariah, K. (2022). Pengaruh skill abad 21 terhadap keputusan karir siswa sekolah menengah kerjuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 48–51.

Nurjanah, A. S. (2018). Kecemasan Mahasiswa Fresh Graduate Dalam Melamar Pekerjaan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 35.

Putranti, D., & Safitri, N. E. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru BK/Konselor dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Rahmi, S. (2021). Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di Sekolah. JURNAL AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(2).

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 1117–1125.

Sitanggang, M. L. (2020). Pentingnya Softskill Untuk Persiapan Magang Siswa Smk. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 190–196.

Wardani, E. S., Putranto, H., & Wibawa, A. P. (2017). Sistem Informasi Di Smk Dan Upaya Peningkatan Kinerjanya. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(1).

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarsih, T. W., & Yono, Y. D. W. (2021). Melatih karakter kewirausahaan siswa smk melalui pemasaran online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 14–23.

Winarsih, W., & Gufron, M. (2022). Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling dalam Mencapai Kematangan Karier Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 82–101.

Yunere, F., Keliat, B. A., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Marah Terhadap Perilaku Kekerasan Pada Siswa SMK. JURNAL KESEHATAN PERINTIS, 6(2), 153–163.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v6i1.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id