Pendampingan Penggunaan Media Literasi Big Book Siswa Kelas Awal di Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan

Ummu Khairiyah

Abstract


Kemampuan membaca di kelas awal merupakan pondasi yang penting sebagai dasar penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar peserta didik. Jika kemampuan membaca di kelas awal tidak kuat, maka peserta didik akan sulit memiliki kemampuan membaca yang memadai. Pendampingan ini merupakan pendampingan pembelajaran bagi siswa kelas 1 MI dan SD di desa pelumpang kecamatan sukodadi kabupaten lamongan. Pengabdian ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN BBM Universitas Islam Lamongan tahun 2019. Mahasiswa membuat media Big Book dan media puzzle menyusun kata menjadi kalimat sesuai cerita yang disajikan pada Big Book.


Keywords


Media Big Book, kemampuan membaca

References


Arsyad, Azhar.Media Pembelajaran, Cet. III; Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2002

Curtain, Helena and Coral Ann Dahlberg, Language and Children Making the Match: New Languages for Young Learners, (Boston: Person Education Inc.)

Sabarti Akhadiah. 1993. Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud

Schramm, W.., and Porter, W. E., 1982, Men, Women, Messages, And Media: Understanding Human Communication, New York: Harper and Row

USAID.2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta:USAID




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id