Pendampingan Penyusunan Strategi Peningkatan Omset dan Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Lele di Desa Jemundo
Ratna Ekasari, Moch. Anshori, Dini Retnowati, Ahmad Fatih Fudhla, Asri Dwi Puspita
Abstract
Budidaya pembesaran ikan lele sampai mencapai ukuran konsumsi merupakan salah satu usaha budidaya yang memiliki prospek pasar tinggi. Mengingat lele merupakan salah satu sumber protein yang disukai masyarakat dari berbagai kalangan usia. Peluang usaha pembesaran lele ini telah ditangkap dan dijalankan oleh beberapa warga di desa Jemundo. Namun dalam perjalanan, usahanya masih mengalami beberapa kendala, mulai dari proses budidaya hingga pemasarannya. Oleh karena itu, pada program pengabdian masyarakat kali ini, akan dilakukan pendampingan terkait penyusunan strategi peningkatan omset dan pengembangan usaha pembesaran ikan lele. Analisis strategi akan dilakukan dengan melihat kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang ada dan nantinya akan membantu dalam penyusunan strategi utama untuk pemasaran usaha budidaya lele ini. Beberapa strategi berhasil dirumuskan mulai dari memperbanyak jumlah kolam untuk budidaya lele, menjalin kerjasama dengan penjual sayur, penjual ikan, mengoptimalkan promosi kepada konsumen secara langsung melalui pemasangan banner dilokasi ataupun media sosial serta membuat inovasi produk olahan lele seperti nugget lele atau lele siap goreng untuk meningkatkan nilai jual lele. Tindak lanjut dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendampingan dalam penerapan strategi serta evaluasi dari strategi yang dijalankan. Diharapkan dengan adanya keberlanjutan maka usaha budidaya lele mitra semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi warga sekitar.
Keywords
budidaya, ikan lele, analisis strategi, SWOT, matriks IE