Pengelolaan Kamar Mandi Santri Dalam Mewujudkan Pesantren Bersih Pada Pondok Pesantren Puncak Darussalam Pamekasan

Muttaqin Choiri, Alan Su'ud Ma'adi

Abstract


Kegiatan mewujudkan pesantren bersih melalui kamar mandi ini dilakukan karena banyak pesantren yang seringkali dari luar terlihat bersih, namun kamar mandi seringkali luput dari perhatian. Pesantren Puncak Darussalam saat ini, pengasuh telah mendeklarasikan diri bahwa beliau akan menjadi prototype agar kehidupan santri lebih bersih di lingkungan manapun, gerakan satu hari satu sampah ini diantara gerakan yang telah dibangun. Pengabdian ini dilkakukan dengan sistem Project Based Learning, santri distimulus berdasarkan permasalahan yang sedang dihadapi berkaitan dengan kebersihan kamar mandi pesantren. Hasil pengabdian menunjukkan (1) pesantren perlu membangun kamar mandi yang tertutup secara sempurna untuk menghindari diri dari tindakan pelecehan, yang sering terjadi dan dalam menghindari potensi terjadinya LGBT dari pesantren (2) meningkatkan self of belonging santri melalui internalisasi nilai dan pemberian penghargaan sebagai stimulus mensukseskan gerakan bersih, dan (3) poster personal hygiene digunakan untuk mengingatkan santri agar perilaku kebersihan diri dan kamar mandinya, dapat terinternalisasi melalui kampanye gerakan hidup sehat.


Keywords


Pesantren Bersih, Kamar Mandi Santri, Puncak Darussalam

References


Abida, Yin-yin, Prayitno, Siswoto Hadi, & Purwitanintyas, R. Y. (2022). Hubungan Kejadian Penyakit Kulit Teerhadap Citra Diri Santri Putri. Journal Ilmiah Kesehatan Rustida, 09(01), 37–44.

Adriansyah, A. A. (2017). KETERKAITAN ANTARA SANITASI PONDOK PESANTREN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT YANG DIALAMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT. Medical Technology and Public Health Journal, 1(1), 4–13.

Amrullah. (2022, July 8). Tersangka Pencabulan Santriwati Jombang Serahkan Diri ke Polisi. https://nasional.tempo.co/read/1609827/tersangka-pencabulan-santriwati-jombang-serahkan-diri-ke-polisi

Asrohah, H. (1999). Sejarah Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Bruinesen, M. Van. (1999). Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Mizan.

Ibda, H. (2018). Gudik dan Mitos Keberkahan Ilmu Pesantren. Alif.Id. https://alif.id/read/hamidulloh-ibda/gudik-dan-mitos-keberkahan-ilmu-pesantren-b213828p/

Latipah, N. (2019). Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta. Community Education Journal, 2(3), 193–201. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2850/923

Madjid, N. (2000). Masyarakat Religius; Membumikan Nilai-nilai Islam Dalam Kehidupan Masyarakat. Paramadina.

Pahlevi, R. (2021, November 17). Kampus dan Pesantren Paling Banyak Terima Laporan Kekerasan Seksual. Databooks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/17/kampus-dan-pesantren-paling-banyak-terima-laporan-kekerasan-seksual

Pujiastuti, N. F. A. dan E. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu melalui Model PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 525.

Sajuyigbe, A. S., Bosede, O., & M.A, A. (2013). Impact of Reward On Employees Performance In A Selected Manufacturing Companies In Ibadan, Oyo State, Nigeria. International Journal of Arts and Commerce, 2(2), 27–32.

Sedayu, A. (2011). Kamar Mandi Sebagai Tempat Bersuci (Thaharah). El-Harakah, 13(1), 13–34.

Witami, Rizki Widya; Rosita; Marhanah, S. (2018). PENGARUH PEMAHAMAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU VANDALISME PENGUNJUNG TAMAN TERAS CIKAPUNDUNG DAN TAMAN LANSIA BANDUNG. Journal of Indonesian Tourism, Hospitalitu and Recreation, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v6i1.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id