Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E di MA Khairuddin Gondanglegi
Yuli Ifana Sari, Dwi Kurniawati
Abstract
LKS merupakan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas memiliki peran strategis dalam pengembangan bahan ajar atau LKS.Materi workshop disusun didasarkan atas analisis kebutuhan peserta yang dilaksanakan melalui pelatihan dan pendampingan dengan guru.Rangkaian kegiatanworkshop yaitu: Informasi dan tanya jawab pengembangan LKS berbasis learning cycle materi litosfer.Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian antara lain: 1) bahan ajar/LKS dirancang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didikserta tuntutan kurikulum yang berlaku, 2) guru memiliki keterampilan dalam menggembangkan LKS, 3) guru memiliki komitmen untuk menggembangkan LKS sendiri sebagai alat dalam pembelajaran, dan 4) adanya kesempatan guru dalam meningkatkan profesionalitasnya melalui workshop pengembangan LKS.
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik danTenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Materi Diklat Calon Pengawas Sekolah/Pengawas Sekolah. Jakarta.
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif Strategi Mengelola Kelas secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, MenciptakanMetode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan, Yogyakarta: Diva Press.
Prianto & Harnoko. 1997. Perangkat Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta.