Bimbingan Toilet Training Anak Usia Dini Bagi Warga Perumahan Graha Kartika Desa Bakalan Krajan Kecamatan Sukun

Leny Latifah, Eva Kartika Wulansari

Abstract


Bimbingan toilet training merupakan salah satu upaya untuk melatih anak agar mampu mengontrol buang air kecil dan buang air besar. Bimbingan toilet training diberikan kepada para orang tua karena di Perumahan Graha Kartika, Desa Bakalan Krajan Kecamatan Sukun, banyak para orangtua masih bergantung terhadap diapers anak sehingga hal ini membuat anak tidak mampu mengontrol buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam melakukan perencanaan, penentuan pilihan, dan pengembangan kemandirian anak dalam kegiatan toilet training. Metode pelaksanaan kegiatan bimbingan toilet training ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu; tahap 1 identifikasi masalah, tahap 2 pelaksanaan kegiatan bimbingan, dan tahap 3 evaluasi. Hasil dari kegiatan bimbingan ini adalah antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan bimbingan dari awal hingga akhir, keseriusan peserta dalam menyimak materi bimbingan, partisipasi yang maksimal dari peserta dalam diskusi dengan nara sumber, serta kreativitas peserta dalam mempraktekkan hard skill maupun soft skill selama bimbingan toilet training. Setelah mengikuti kegiatan bimbingan ini, dapat disimpulkan bahwa peserta mendapatkan wawasan baru dan nuansa baru dalam dunia pengasuhan orang tua, bimbingan toilet training juga membantu orang tua dalam memandirikan anak dalam perilaku BAK dan BAB serta menumbuhkan semangat para orangtua untuk lebih mengoptimalkan pengasuhan kepada anak usia dini.

Keywords


Bimbingan, Toilet Training, Anak

References


Andresni, H., Zahtamal, Z., Septiani, W., Mitra, M., & Lita, L. 2019. Effectiveness Of Toilet Training Education On Mother’s Behavior And Toddler Age Toilet Training Ability (18-36 Months). Jurnal Kesehatan Komunitas, 5(2), 49–55.

Andriyani, Septian. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Journal of nurse volume 2 no 3 Desember 2014

Faikoh, N. E., Alfiyanti, D., & Nurullita, U. 2014. Pengaruh Modelling Media Video Terhadap Peningkatan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Retardasi Mental Usia 5-7 Tahun Di SLB N Semarang. Karya Ilmiah.

Hooman, Nakysa. 2013. Toilet Training in Iranian Children: A Cross-Sectional Study. Iranian Journal of Pediatrics, Volume 23 (Number 2), April 2013, Pages:154-158

Komariah, K., Mulyanto, A., & Nurapriani, R. 2019. Pengaruh Toilet Training Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkq Al-Huda Antapani Wetan Tahun Ajaran 2017-2018. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32–47.

Munafiah, Siti. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Kemandirian Toilet Training pada Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Surakarta. Naskah Publikasi. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2019 dari http://eprints.ums.ac.id/27218/15/02._Naskah_Publikasi.pdf

Murhadi, T., Almanar, A., & Laka, C. M. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ibu Melakukan Toilet Training pada Anak Usia 18-24 Bulan di PAUD Putroe Lambilek Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Tahun 2018. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 5(1), 13–23.

Wijayaningsih, A., Yuwono, S., & Psi, S. 2019. Toilet Training pada Anak Prasekolah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id