Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan

Nur Qomariyah Nawafilah, Masruroh Masruroh

Abstract


Sekolah Dasar merupakan tingkat pendidikan formal yang masih tergolong awal. Pada tingkat ini terdapat beberapa aspek yang harus dikuasai siswa seperti aspek kogtinif, motorik, dan psikomotor. Salah satu kemampuan dalam aspek kognitif yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan berhitung. Berhitung adalah salah satu tugas belajar anak yang harus bisa dipelajari dengan baik selain belajar menulis dan membaca. Agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan baik, maka sebaiknya guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui kegiatan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain, karena bermain adalah cara anak dalam belajar. Ular Tangga Matematika adalah permainan edukatif yang dikembangkan dengan memodifikasi permainan ular tangga pada umumnya. Permainan ini dibuat dengan tujuan agar kemampuan berhitung siswa kelas III SDN Guminingrejo dapat meningkat melalui aktivitas bermain ini. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif. Setelah permainan ini diterapkan dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa: 1) Produk Ular tangga matematika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, 2) kualitas produk termasuk layak untuk diterapkan dalam pembelajaran, 3) produk dapat menghasikan tercapainya tujuan pembelajaran, 4) penerapan produk dapat meningkatkan movitasi belajar anak karena belajar terasa tidak membosankan.

Keywords


Alat permainan edukatif, Ular tangga Matematika, kemampuan berhitung

References


Adiarti, W. 2009. Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah dalam Pembelajaran Sains Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmu Kependidikan, 1, 78-84.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nevid, S dan Beverly, G. 2009. Psikologi Abnormal. Jilid II Edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Nurhayati, E. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prihastuti. 2009. Pengaruh Braingym dalam Meningkatkan Kecakapan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan 1, 35-47.

Putra, Nusa & Dwilestari, Ninin. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books (IHDINA).

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Yusuf, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problem Belajar. Solo: PT

Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id