Pengenalan Berpikir Reflektif Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Kedamaian Guru Paud Ra Al-Karomah

pepi nuroniah, Esya Anesty Mashudi, Yulianti Fitriani, Adhatul Pitriyani

Abstract


Kemampuan guru dalam melakukan refleksi terhadap kinerjanya merupakan bagian dari seperangkat kompetensi pedagogi kedamaian yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh guru. Guru yang reflektif adalah guru yang melakukan dialog dalam dirinya terkait pengalaman, keyakinan dan persepsi pembelajaran. Dialog yang dilakukan melalui proses berpikir reflektif dilakukan untuk mencapai tingkat refleksi antara pengalaman dan keinginan ideal baik menurut dirinya atau teori-teori dalam lingkup pembelajaran dan pendidikan. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan keterampilan berpikir reflektif pada guru pendidik anak usia dini seraya membangun pola pembiasaan bagi guru untuk menggunakan keterampilan berpikir reflektif tersebut dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogi perdamaian untuk diterapkan dalam lingkungan kerja sehari-hari. Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma yang dikemas dalam bentuk kegiatan Lokakarya dengan menggunakan strategi Focus Group Discussion (FGD). Metodologi kegiatan mengikuti model fasilitasi A.P.P.L.E (Assess, Plan, Prepare, Lead, Evaluate). Hasil lokakarya pengenalan berpikir reflektif guru yaitu mengalami peningkatan yaitu dari kategori cukup baik menjadi sangat baik.


Keywords


Berpikir Reflektif, Guru PAUD, Pedagogi Kedamaian

References


Brookfield, S. D. (2017). Becoming a critically reflective teacher (2nd ed.). San Francisco, CA: Jossey Bass.

Engin, G. (2020). An Examination of Primary School Students’ Academic Achievements and Motivation In Terms of Parents’ Attitudes, Teacher Motivation, Teacher Self-efficacy and Leadership Approach. International Journal of Progressive Education, 16(1), 2020. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.228.18.

Fransiskus, D. G. (2019). Analisis Kesulitan Guru Paud Dalam Menilai Aspek-Aspek Perkembangan Aud Di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 293-305. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/161

Ilfiandra, Saripah, I., & Nadhirah, N. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogi Kedamaian Guru Untuk Membangun Iklim Kelas Damai. Laporan Penelitian Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi. Bandung: LPPM UPI.

Ilfiandra, Saripah, I., Nadhirah, Na. A., & Suryana, D. (2021). Bibliokonseling untuk membangun budaya damai di Sekolah. UPI Press. Kartadinata, S. (2020). Bimbingan dan Konseling Komperhensif Abad 21: Visi Kedamaian dalam Kehidupan Nyata, Eksplorasi Akademik 32 Tahun, 1998-2020 (S. Kartadinata, Ed.). UPI Press.

Ilfiandra. (2011). Model konseling resolusi konflik berlatar belakang bimbingan komprehensif untuk mengembangkan kompetensi hidup damai dan harmoni siswa SMK . Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Bandung : LPPM Universitas Pendidikan Indonesia.

Ilfiandra. 2016. Program Pengembangan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Developmentally Appropriate Practice. Bandung: UPI

Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381–390. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58–69. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.10.

Normianti, H., Aslamiah, & Suhaimi. (2019). Relationship of Transformational Leaders of Principal, Teacher Motivation, Teacher Organization Commitments with Performance of Primary School Teachers in Labuan Amas Selatan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(2), 123–141. https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2308.

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif. Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif, 16(2), 117–127. https://doi.org/10.22435/bpsk.v16i2

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). McGraw-Hill.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories : an educational perspective. Pearson.

Shihab, N. (2017). Merdeka Belajar di Ruang Kelas. Literati.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Pearson.

Sofia, A., & Yulistia, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 12–18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3445.

Taggart, G. L., & Wilson, A. P. (2005). Promoting Reflective Thinking In Teachers 50 Action Strategies. A Sage Publication Company.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v6i2.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id