Pemanfaatan Handle Grinder Sebagai Mesin Pencacah Pakan Ternak Multi Fungsi

Bambang Minto Basuki, Nur Robbi

Abstract


Masyarakat Desa babadan yang berada di Kecamatan Ngrambe Kab, Ngawi memiliki warga yang 90 % bermatapencaharian petani dan pekebun. Selain itu mereka juga memiliki usaha tambaan berupa beternak sapi, kambing, kelinci, entok dan bebek. Dalam penyediaan pakan ternak, mereka menggunakan bahan tambahan berupa ubi jalar, batang pisang dan aneka bahan lain yang harus dicacah halus. Hal ini membutuhkan waktu yang lama berkisar 1-1,5 jam tiap harinya. Untuk itu perlu dibantu dengan pemanfaatan mesin cacah pakan ternak yang berkemampuan tinggi dan berdaya listrik rendah. Dengan memanfaatkan handle grinder sebagai penggerak mesin pencacah maka dperoleh hasil yang diharapkan berupa mesin pencacah pakan ternak dengan hasil cacahan yang halus dan membutuhkan waktu kerja yang singkat berkisar 5-10 menit per hari.

Keywords


mesin pencacah; handle grinder; pakan ternak; desa babadan; petani

References


Andasuryani., Santosa., Chandra, Alhapen Ruslin. 2009. Membangun Mesin Pencacah Rumput Gajah Untuk Peningkatan Efektivitas Konsumsi Pakan Ternak Sapi. Artikel Ilmiah Pelaksanaan Program Pengabdian Program Vucer Tahun 2009

Baikhaky, Aby Al. 2015. Rancang Bangun Mesin Pencacah Botol Plastik. Tugas Akhir, Jurusan DIII Teknik Mesin, Universitas Diponegoro.

Hidayat,M,Harjono, Marsudi dan Andri G, 2006, Rancang Bangun Alat – Mesin Pencacah Jerami Padi Untuk Penyiapan Bahan Pakan Ternak.(Prosiding Seminar Nasional)

Husen, A. 2012. Modifikasi Mesin Pencacah Jerami. Tugas Akhir, Jurusan DIII Teknik Mesin. Universitas Diponegoro

Sularso. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v3i02.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id