Perancangan Fasilitas Pengolahan Sampah Organik Dengan Metode Lalat Black Soldier Fly (Bsf)

Djoko Murdowo, Agus Dody Purnomo, Terang Eka Saputra, Anisa Nur Fadila, Ataqi Qowiyyun Abadan

Abstract


Perumahan Bumi Sariwangi, Kab Bandung Barat dihuni oleh 385 KK atau 1.560 jiwa yang setiap hari menghasilkan hampir 2.000 kg sampah rumah tangga. Permasalahan yang terjadi di komplek tersebut adalah belum disiplinnya pemilahan sampah sejak dari awal pengumpulan dan sampah tidak dikelola dengan baik, sehingga mengganggu kebersihan dan kesehatan. Urgensi penelitian dilokasi ini adalah adanya tanah kosong yang bisa dimanfaatkan, sudah berjalan rintisan pengelolaan sampah dengan metode Back Soldier Flay (BSF), ada komunitas atau koperasi yang memungkinkan untuk mengelola sampah dan kegunaannya. Dengan adanya peluang tersebut, maka penelitian ini bertujuan mencari solusi dengan perancangan dan desain lokasi untuk pengelolaan sampah dengan metode BSF yang terencana aman dan effektif. Metode yang digunakan adalah penelitian langsung dengan metode wawancara, observasi dan peninjauan dan diskusi dengan para pelaku pengelola sampah. Hasil dari penelitian ini adalah metode edukasi pemilahan sampah, desain dan rancangan pengelolalan sampah dengan metode BSF dan detail rancangan sesuai kapasitas kandang.

Keywords


Pengolahan Sampah; Black Soldier Fly; Perancangan; Sampah Organik

References


Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Alvarez, L. 2012. “The Role of Black Soldier Fly, Hermetia illucens (L.) (Diptera: Stratiomyidae) in Sustainable Waste Management in Northern Climates”. Dissertations. University of Windsor, Windsor.

Ambarningrum, Trisnowati Budi. 2019. “Teknologi Biokonversi Sampah Organik Rumah Tangga Menggunakan Larva Lalat Tentara Hitam (Black Soldier Fly / BSF), Hermetia illucens”. Universitas Jenderal Soedirman.

Basriyanta. 2007. Memanen Sampah. Yogyakarta: Kanisius.

Faridah, Fita. 2019. “Pelatihan Budidaya Maggot Sebagai Alternatif Pakan Ternak Di Desa Baturono Lamongan”. Universitas Islam Lamongan.

John, A. 2002. ”Selected Life-History Traits of Black Soldier Flies (Diptera: Stratiomyidae) Reared on Three Artificial Diets”. Annals of the Entomological Society of America.

Julius Panero. 1979. Human Dimension & Interior Space. Jakarta: Erlangga.

Karmiati, Besse Titing. 2020. “Perancangan Bentuk Penyaring Sampah Pada Alat Penyaring Sampah Sungai”. Universitas Jenderal Achmad Yani.

Manggotbsf.com. 2019. “Black Soldier Fly dan Maggot BSF”, https://www.maggotbsf.com/, diakses pada tanggal 01 Agustus 2020.

Newton et al. 2005. “The Black Soldier Fly, Hermetia Illuciens, As A Manure Management / Resource Recovery Tool”. Georgia. University of Georgia.

Nugroho, Panji. 2013. Panduan Membuat Kompos Cair. Jakarta: Pustaka Batu.

Putra, Yongki. 2020. “Efektifitas Penguraian Sampah Organik Menggunakan Maggot (BSF) Di Pasar Rau Trade Center”. Universitas Banten Jaya.

Rimbakita.com. 2019. “Sampah Organik-Pengertian, Jenis, Pengolahan dan Manfaat”, https://rimbakita.com/sampah-organik/, diakses pada tanggal 01 Agustus 2020.

Suryati, Teti. 2009. Bijak dan Cerdas Mengolah Sampah. Jakarta: Agromedia.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v3i02.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id