Implementasi Internet of Things (IoT) dalam Pelatihan Siswa Multimedia SMK Setia Bhakti

Junaidi Akbar, Jacob Febryadi Nithanel Dethan, Rudy ., Rudy Arijanto, Benny Daniawan, Andi Leo

Abstract


Teknologi Internet of Things (IoT) dalam dunia pendidikan semakin menjadi sorotan karena potensinya dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pembelajaran. Implementasi IoT ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengenalkan revolusi industri 4.0 kepada siswa jurusan multimedia melalui pelatihan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Setia Bhakti. Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan sebuah proyek perangkat pintar terkait IoT dengan menggunakan perangkat keras mikrokontroler dan konektivitas jaringan internet untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Sistem yang dikembangkan mencakup berbagai aspek seperti pengontrolan menggunakan pemograman C/C++ dan desain website menggunakan pemograman HTML melalui aplikasi arduino IDE. Hasil pelatihan menunjukan bahwa implementasi IoT dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek, selain itu pelatihan ini memberikan pengalaman praktis kepada siswa dalam menghadapi teknologi terkini di dunia industri. Integrasi IoT dalam pendidikan multimedia SMK Setia Bhakti mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dengan tuntunan industri, sekolah juga dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dalam pengenalan perkembangan teknologi.


Keywords


Internet of Things (IoT); Pemograman; Multimedia

References


Abdullah, F. (2019). Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain. 4(1), 47-58. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4560

Efendi, Y., Astari, T., Aristo, J. S. A., Arif, Z. A., & Sholikhah, M. (2023). Penerapan Teknologi Internet of Things Pada SMK Negeri 1 Perhentian Raja Kampar Riau. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(1), 51-57. http://doi.org/10.33292/mayadani.v4i1.113

Samsugi, S., Damayanti, D., Nurkholis, A., Permatasari, B., Nugroho, A. C., & Prasetyo, A. B. (2021). Internet of Things untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Siswa. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS). 2(2), 173-177. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1380

Saputra, C., Bustami, M. I., Sika, X., Arvita, Y., & Duta, S. (2022). Pelatihan Pengontrolan LED dengan Web Berbasis Mikrokontroller ESP8266 untuk Siswa SMK 2 Muara Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 1(1), 28-34. https://doi.org/10.33998/jpmu.2022.1.1.32

Setiawan, H. S., Ismailah, I., & Suwela, N. (2023). Pembelajaran Multimedia di Era Revolusi Industri 4.0 Pada SMK Yapimda Jakarta Selatan. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(3), 201-210. https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1492

Shiddiqi, A. M., Ijtihadie, R. M., Ahmad, T., Wibisono, W., Anggoro, R., & Santos, B. J. (2022). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Segawati, 4(3), 235-240. https://journal.its.ac.id/index.php/segawati/article/view/369

Sudrajat, R. (2022). Agama dari Revolusi Industri sampai Era Disrupsi. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(1), 111–120. https://doi.org/10.15575/jis.v2i1.16806




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v7i1.608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id