Peningkatan Pengetahuan Guru Tentang Kurikulum Merdeka Melalui Workshop Penyusunan Modul Kurikulum Merdeka

Ahmad Supriyadi, Anis Sa’adah Wahyuningsih, Siti Kustiani, Nur Cholifah, Elok Fitriani Rafikasari

Abstract


Kurikulum merdeka menjadi topik yang sangat hangat dibicarakan pada saat ini dalam dunia Pendidikan. Perubahan kurikulum ini dilatar belakangi oleh tidak kunjung meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia serta hasil belajar siswa menunjukkan masih di tingkat relatif rendah. Banyaknya sekolah yang belum mendapatkan sosialisai dan pelatihan membuat implementasi kurikulum merdeka terhambat, utamanya di sekolah di bawah Kementerian Agama.  Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru MI di lingkup PC LP Ma’arif NU Tulungagung tentang implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah Participatory Action Research dengan tiga langkah kegiatan yaitu identifikasi masalah, pelaksanaan, dan evaluasi. Peserta dari kegiatan ini adalah guru MI di Lingkup PC LP Ma’arif NU Tulungagung dengan jumlah 45 orang. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap, penyampaian materi dan pelatihan serta pendampingan pembuatan modul ajar kurikulum merdeka. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pada tahap penyampaian materi dan pelatihan

 

Kata Kunci: Peningkatan Pengetahuan, Kurikulum Merdeka, Workshop Penyusunan Modul




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v7i2.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

[email protected]