Peningkatan Pengetahuan Guru Tentang Kurikulum Merdeka Melalui Workshop Penyusunan Modul Kurikulum Merdeka
Ahmad Supriyadi, Anis Sa’adah Wahyuningsih, Siti Kustiani, Nur Cholifah, Elok Fitriani Rafikasari
Abstract
Kurikulum merdeka menjadi topik yang sangat hangat dibicarakan pada saat ini dalam dunia Pendidikan. Perubahan kurikulum ini dilatar belakangi oleh tidak kunjung meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia serta hasil belajar siswa menunjukkan masih di tingkat relatif rendah. Banyaknya sekolah yang belum mendapatkan sosialisai dan pelatihan membuat implementasi kurikulum merdeka terhambat, utamanya di sekolah di bawah Kementerian Agama. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru MI di lingkup PC LP Ma’arif NU Tulungagung tentang implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah Participatory Action Research dengan tiga langkah kegiatan yaitu identifikasi masalah, pelaksanaan, dan evaluasi. Peserta dari kegiatan ini adalah guru MI di Lingkup PC LP Ma’arif NU Tulungagung dengan jumlah 45 orang. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap, penyampaian materi dan pelatihan serta pendampingan pembuatan modul ajar kurikulum merdeka. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pada tahap penyampaian materi dan pelatihan
Kata Kunci: Peningkatan Pengetahuan, Kurikulum Merdeka, Workshop Penyusunan Modul