Pelatihan Pembuatan Media Permainan Papan Berbasis Paltform Digital Sebagai Sarana Penguatan Profil Pelajar Pancasila Mata Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru MI Nurul Hidayah Gresik
Faishol Hadi, Achmad Anang Darmawan, M. Misbachul Huda
Abstract
Tujuan pendidikan karakter di dalam pembelajaran adalah membentuk siswa memiliki kepribadian yang baik seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, serta memiliki akhlak yang mulia. Penguatan pendidikan karakter di kurikulum nasional saat ini dikemas dalam bentuk profil pelajar pancasila. MI Nurul Hidayah merupakan salah satu sekolah dasar di Gresik yang sedang memulai mengimplementasikan profil pelajar Pancasila di dalam pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi sekolah ini adalah pengetahuan dan pengalaman guru tentang penggunaan media pembelajaran sebagai sarana penguatan profil pelajar Pancasila masih kurang. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, para guru MI Nurul Hidayah memperoleh pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis platform digital sebagai sarana penguatan pofil pelajar Pancasila. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan. Para guru diberikan pelatihan tentang cara membuat dan menggunakan media permainan berbasis platform digital sebagai sarana penguatan profil pelajar Pancasila. Di dalam kegiatan ini, para guru juga mendapatakan pendampingan penuh dari pemateri dalam proses pembuatan media tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat dan mengimplementasikan media berbasif platform digital sebagai sarana penguatan profil pelajar Pancasila meningkat.
Keywords
Profil Pelajar Pancasila, Pelaihan, Media pembelajaran, Plaform Digital
Asmaroini, Ambiro Puji. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4.(2), 440.
Hadi F, Darmawan AA. (2021). The Implementation of Virtual Board Games in Teaching Speaking to the Undergraduate Students. In: Prosiding Seminar Internasional 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021). (p. 282-285). Malang
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Pelajar Pancasila. In Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (p.257–26). Palembang
Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.
Squire, K. (2006). From content to context: Videogames as designed experience. Educational Researcher, 35(8), 19–29. https://doi.org/10.3102/0013189X035008019
Sari, Linda Kartika dan Dimas Sasongko. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal UNSA. 2 (1).