Penyuluhan Pembuatan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

Ratna Ekasari, Varid Martah, Agung Wiranata, Istiqomah Istiqomah, Melandari Melandari

Abstract


Laporan keuangan adalah bagian terpenting dari sebuah bisnis, termasuk UMKM. Salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM adalah UMKM yang tidak bankable sehingga membuat UMKM tidak dapat mengajukan kredit untuk kelangsungan usahanya yang sebenarnya sangat dibutuhkan pada saat terjadi pandemi seperti ini. Program ini dilakukan dengan pendampingan kepada UMKM dalam pembuatan laporan keuangan, agar pelaku UMKM menjadi bankable.

Keywords


UMKM; Bankable; Laporan keuangan

References


Hafsah, M. Jafar. (2004) Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Diakses pada tanggal 3 April 2013 pukul 22.15 WIB dari www.smecda.com.

Islamiyati,nelsi (2017). 5 Permasalahan Utama yang Dihadapi Para Pelaku UMKM https://www.jagoanhosting.com/blog/5-permasalahan-utama-yang-dihadapi-para-pelaku-umkm/. Diakses pada tanggal 30 oktober 2017.

Suseno,rahmat (2018). Hambatan dan Kendala UMKM di Indonesia https://www.kompasiana.com/rahmatsuseno01231/5baeedd8bde57543485214a4/hambatan-dan-kendala-umkm-di-indonesia, Diakses pada tanggal 29 sepember 2018.

Sudaryanto, S., & Hanim, A. (2002). Evaluasi kesiapan UKM menyongsong pasar bebas ASEAN (AFTA): Analisis perspektif dan tinjauan teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id