Pelatihan Kreasi Tteok Dengan Variasi Menu Sate Maranggi Dan Gulai Ayam

Juliana Juliana, Diena Mutiara Lemy, Sabrina Oktaria Sihombing, Nova Irene Bernedeta Sitorus, Catherine Natalie, Vicky Leonarto

Abstract


Jemaat persekutuan gereja El Shaddai Fellowship Gading Serpong memiliki keinginan untuk mempelajari bagaimana cara membuat kreasi masakan Nusantara dengan bahan dasar tteok, tetapi jemaat persekutuan gereja El Shaddai Fellowship Gading Serpong belum mengetahui bagaimana cara mengkreasikan masakan Nusantara dengan tteok. Maka dari itu, tim PkM yang diantaranya dosen dan mahasiswa mengadakan Pelatihan Pengolahan Tteok dengan Cita Rasa Khas Nusantara kepada jemaat persekutuan gereja El Shaddai Fellowship Gading Serpong dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan. Peningkatan keterampilan dan kapasitas akan diberikan oleh Tim PkM kepada para pelaku usaha serta pelatihan bagi masyarakat di kalangan usia yang memiliki ketertarikan di bidang kuliner dalam mengembangkan dan mengolah tteok dengan cita rasa khas Nusantara dengan variasi menu sate maranggi dan gulai ayam Tim PkM memberikan pelatihan kepada sekitar 30 peserta mengenai pembuatan kreasi masakan Nusantara dengan tteok sebagai bahan dasar utama. Pelatihan pendampingan dan keterampilan yang digunakan Tim PkM melalui metode daring (online) dengan peserta El Shaddai Fellowship Gading Serpong. Kegiatan PkM ini diharapkan memiliki hasil peningkatan pemahaman dan keterampilan mengenai pengolahan tteok dengan cita rasa khas Nusantara.

Keywords


Tteok; Kreasi Nusantara; masakan Indonesia dan Korea; Sate Maranggi; Gulai Ayam

References


Kuswara, W. P. (2018). Pengaruh Perbandingan Tepung Beras dengan Tepung Ketan dan Konsentrasi Tepung Mocaf Terhadap Karakteristik Toppokki Ekstrak Daun Black Mulberry. In Univeristas Pasundan.

Lestari, Wilujeng; Komariah, K. (2019). Buku Saku Fusion Food. 46.

Masbudi, M., Yuwono, E. C., & Kurniawan, A. S. (2014). Perancangan Buku Pengenalan Makanan khas Korea. Universitas Kristen Petra, 1–13. https://www.neliti.com/id/publications/77474/perancangan-buku-pengenalan-makanan-khas-korea

Sani, M. R., Alia, M. N., & Riyadi, D. (2016). Sate Padang Sumatera Barat Sebagai Gastronomi Unggulan di Indonesia. UPI, 274–282.

Serenami, Carol Nathalie; Palit, R. A. (2017). Perancangan Buku Resep 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia Untuk Generasi Muda. Universitas Kristen Maranatha, 1(3), 417–430.

Tamrin, Richard Kamadjaya; Bedjo, B. W. A. (2018). Perancangan Buku Tentang Makanan Tradisional Korea Selatan dengan Pendekatan Fotografi. Universitas Kristen Petra, 1–8.

Yunani. (2016). Tinjauan Sejarah Terhadap Penetapan Pulau-Pulau di Indonesia. Universitas Sriwijaya, 5, 125–129.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id