Pelatihan Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran di SMP Negeri 25 Kabupaten Kerinci

Sofyan Sofyan, Bradley Setiyadi, Sophia Rahmawati

Abstract


Perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari layanan terhadap minat baca siswa serta berperan sebagai pusat sumber belajar siswa. Dimana keberadaan perpustakaan ini dapat memberikan serta menyediakan bahan-bahan bacaan ataupun materi pelajaran bagi siswa. Dalam proses pembelajaran diharapkan perpustakaan dapat membantu siswa untuk menghasilkann karya yang bermutu, perpustakaan tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan sekolah, terutama melalui kebijakan kepala sekolah, akan memperlancar tugas atau kebijakan yang akan dijalankan oleh pengelola perpustakaan sekolah. Permasalahan utama menjadi mitra kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat sekolah harus produktif sehingga menghasilkan pelayanan perpustakaan yang efektif. Namun terdapat kendala dalam pengelolaan perpustaan di sekolah yang merupakan implementasi dari kegiatan ini antara lain: (1) belum maksimalnya peran perpustakaan dengan baik, (2) masih terbatasnya pengetahuan pengelola tentang peran perpusatkaan, (3) kurangnya motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program pelatihan pengelola perpustakaan ini adalah metode kaji tindak partisipatif karena program pelatihan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 25 Kabupaten Kerinci sebagai upaya meningkatkan proses belajar.

Keywords


pelatihan; pemberdayaan; perpustakaan sekolah; pembelajaran

References


Darmono. 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah Volume 1 Nomor 1 April 2017 hal. 1-10.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Efrina, Median; R.N. Sasongko dan Zakaria. 2017. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Manajer Pendidikan Volume 11 Nomor 6 Juli 2017 hal. 517.524.

Herman, S.R. 2006. Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap Profesi dan Etika Pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Pratama, Adhitya Surya; Roemintiyono dan S.Sumarni. 2018. Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Studi Kasus pada Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta). IJCEE Volume 4 Nomor 2 Desember 2018 hal. 82-92.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumiati, Opung. 2012. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 129, Tambahan Lembaran Negara Republil Indonesia Nomor 4774.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id