Ragam Rasa, Ragam Literasi: Penguatan Literasi Budaya melalui Aktivitas Membaca untuk Mengenalkan Makanan Tradisional dan Minuman Herbal Indonesia pada Siswa Kelas VI SD di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi industri kreatif. Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 292–301.
Budiawan, R. Y. S. (2019). Integration of the use of “Nasi Tumpeng” in the teaching of BIPA as one of Indonesian local cultural wisdom. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 01–07. https://doi.org/10.30998/jh.v1i1.28
Cahyani, D. I., Muna, F. U., Fadhilah, M. F., Wachidah, S., & Hanik, E. U. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 181–194. https://doi.org/https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.96
Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi: Sebuah tantangan dan harapan. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/akademika/article/view/441
Fahma, F., & Safitri, D. (2024). Dinamika Identitas Budaya dalam Era Globalisasi: Tantangan dan Kesempatan Media Sosial terhadap Budaya Masyarakat Lokal: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3675–3682. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/423
Farinda, F. U., & Khaerunnisa, K. (2023). Upaya pengenalan kuliner lokal indonesia dalam materi ajar bipa melalui media audiovisual. Paramasastra, 10(1), 46–56. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p46-56
Fitriani, P. A., Habibillah, D. I. M., Syarofi, M., Elhas, N. I., Bukhori, I., & Qurrohman, T. (2024). Peningkatan Efektivitas Belajar Santri Dengan Bantuan Fasilitas Meja Belajar Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 37–47. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1462
Kusuma, J. W., Hamidah, H., Umalihayati, U., & Rini, P. P. (2024). Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1810–1826. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772
Maidah, A. N., Nahrowi, M., Mukhsin, M., Handayani, A., Ubaidillah, R., & Shohiffuddin, S. (2024). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Hasta Karya Berupa Hantaran Pernikahan Dan Buket Di Dasawisma Melati Dusun Krajan Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1434
Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Dewi, Y. K., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Budaya Indonesia Dalam Pembelajaran Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Metodik Didaktik, 17(1). https://doi.org/10.17509/md.v17i1.30569
Nugroho, D. A. (2023). Upaya Internasionalisasi Muhammadiyah Melalui Sektor Pendidikan. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 85–98. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i1.2020
Rahayu, D. A., Mangsur, F. Al, & Anggia, A. A. (2022). Sosialisasi Pengenalan Seni Budaya Lokal kepada Masyarakat Desa Boyolangu Melalui Digitalisasi untuk Meningkatkan Nasionalisme. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1945–1952. https://doi.org/10.54082/jamsi.563
Rahayuningtyas, D. R., Rizqi, P. A., Putri, R. F. M., Sawwama, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1126
Rusnan, R. (2022). Peran Pemerintah Daerah Bone Bolango Dalam Melestarikan Bahasa Bolango. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 461–482. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.461-482.2022
Septika, H. D., & Hady Prasetya, K. (2020). Local wisdom folklore for literary learning in elementary school. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 No 1 June 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1236
Wulandari, A. B., & Risnanosanti., R. E. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(9), 1110–1117. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1052
Wulandari, D. (2024). Implementasi Program Pemajuan Kebudayaan Desa: Tinjauan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 20–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4489
DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1108
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing at :
Associated with :
Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Abdimas Berdaya
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan
jab@unisla.ac.id