Ragam Rasa, Ragam Literasi: Penguatan Literasi Budaya melalui Aktivitas Membaca untuk Mengenalkan Makanan Tradisional dan Minuman Herbal Indonesia pada Siswa Kelas VI SD di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Octo Dendy Andriyanto, Suhartono Suhartono, Supratno Haris, Kisyani Laksono, Didik Nurhadi, Diding Wahyudin Rohaedi, Abdul Kholiq

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memperkuat literasi budaya melalui pengenalan kuliner tradisional Indonesia kepada siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Metode pelaksanaan pengabdian ini dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan pendekatan Empowerment Based Research (EBR). Kegiatan PkM ini dilaksanakan melalui tahapan ECA-EVARED, yaitu exploration, create and action, evaluation, report, and dissemination. Hasil kegiatan ini adalah pelaksanaan tahapan ECA-EVARED. Kegiatan dimulai dari tahap Exploration berupa observasi dan wawancara untuk menganalisis gambaran awal mengenai pemahaman siswa terhadap makanan tradisional Indonesia. Hasil eksplorasi ini menjadi dasar dalam menyusun materi pelatihan yang lebih relevan dan menarik pada tahap Create and Action. Selama pelaksanaan, siswa terlibat aktif dalam diskusi yang memperdalam pemahaman tentang budaya kuliner Indonesia. Evaluation dilakukan secara formatif dan sumatif yang dilakukan selama kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berhasil memahami materi yang disampaikan. Hasil kuis siswa mencerminkan peningkatan pemahaman yang baik. Report dilakukan dengan pendokumentasian setiap kegiatan. Dessimination dilakukan dengan penyebarluasan kegiatan PkM melalui publikasi di media massa dan platform digital, yaitu YouTube, yang memperluas dampak program ini lebih luas. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dalam memperkenalkan dan memperdalam pemahaman siswa mengenai budaya kuliner Indonesia meskipun beberapa siswa membutuhkan perhatian lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman.

Keywords


Literasi Budaya; Makanan dan Minuman Tradisional; tahapan ECA-EVARED; Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur

References


Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi industri kreatif. Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 292–301.

Budiawan, R. Y. S. (2019). Integration of the use of “Nasi Tumpeng” in the teaching of BIPA as one of Indonesian local cultural wisdom. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 01–07. https://doi.org/10.30998/jh.v1i1.28

Cahyani, D. I., Muna, F. U., Fadhilah, M. F., Wachidah, S., & Hanik, E. U. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 181–194. https://doi.org/https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.96

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi: Sebuah tantangan dan harapan. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/akademika/article/view/441

Fahma, F., & Safitri, D. (2024). Dinamika Identitas Budaya dalam Era Globalisasi: Tantangan dan Kesempatan Media Sosial terhadap Budaya Masyarakat Lokal: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3675–3682. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/423

Farinda, F. U., & Khaerunnisa, K. (2023). Upaya pengenalan kuliner lokal indonesia dalam materi ajar bipa melalui media audiovisual. Paramasastra, 10(1), 46–56. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p46-56

Fitriani, P. A., Habibillah, D. I. M., Syarofi, M., Elhas, N. I., Bukhori, I., & Qurrohman, T. (2024). Peningkatan Efektivitas Belajar Santri Dengan Bantuan Fasilitas Meja Belajar Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 37–47. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1462

Kusuma, J. W., Hamidah, H., Umalihayati, U., & Rini, P. P. (2024). Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1810–1826. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772

Maidah, A. N., Nahrowi, M., Mukhsin, M., Handayani, A., Ubaidillah, R., & Shohiffuddin, S. (2024). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Hasta Karya Berupa Hantaran Pernikahan Dan Buket Di Dasawisma Melati Dusun Krajan Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1434

Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Dewi, Y. K., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Budaya Indonesia Dalam Pembelajaran Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Metodik Didaktik, 17(1). https://doi.org/10.17509/md.v17i1.30569

Nugroho, D. A. (2023). Upaya Internasionalisasi Muhammadiyah Melalui Sektor Pendidikan. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 85–98. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i1.2020

Rahayu, D. A., Mangsur, F. Al, & Anggia, A. A. (2022). Sosialisasi Pengenalan Seni Budaya Lokal kepada Masyarakat Desa Boyolangu Melalui Digitalisasi untuk Meningkatkan Nasionalisme. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1945–1952. https://doi.org/10.54082/jamsi.563

Rahayuningtyas, D. R., Rizqi, P. A., Putri, R. F. M., Sawwama, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1126

Rusnan, R. (2022). Peran Pemerintah Daerah Bone Bolango Dalam Melestarikan Bahasa Bolango. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 461–482. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.461-482.2022

Septika, H. D., & Hady Prasetya, K. (2020). Local wisdom folklore for literary learning in elementary school. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 No 1 June 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1236

Wulandari, A. B., & Risnanosanti., R. E. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(9), 1110–1117. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1052

Wulandari, D. (2024). Implementasi Program Pemajuan Kebudayaan Desa: Tinjauan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 20–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4489




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id