Pemanfaatan Jerami Padi sebagai Pakan Ternak Mengunakan Metode Silase di Desa Kelorarum Kecamatan Tikung Lamongan

Mimatun Nasihah, Selvy Hani Putri Pratiwi

Abstract


Desa Kelorarum berada di Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Lahan pertanian Desa ini terluas di wilayah Kecamatan Tikung, akan tetapi limbah pertanian berupa jerami padi tidak dimanfaatkan oleh warga dan cenderung menjadi sampah. Selain pertanian, Peternakan merupakan sumber mata penghasilan ke-dua masyarakat. Peternak biasanya menggunakan kangkung sebagai pakan akan tetapi sering terjadi kendala negatif, misalnya kejadian ternak warga yang tiba-tiba mati. Sejauh ini masyarakat kesulitan memilih pakan yang baik untuk ternaknya. Salah satu alternatif yang bisa ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memanfaatkan jerami padi sebagai pakan ternak dengan menggunakan metode silase. Solusi yang di tawarkan adalah melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan memanfaatkan jerami padi sebagai pakan ternak mengunakan metode silase. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode deskriptif yang berarti pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan obyek atau subyek pengabdian masyarakat baik itu seseorang maupun masyarakat. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah perubahan pemahaman dan kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkan limbah jerami, sejauh ini masyarakat sangat kurang pemahamanya tentang pemanfaatan limbah jerami sebagai pakan ternak mengunakan metode silase, petani tidak mengerti kalau jerami padi bermanfaat untuk pakan ternak yang mereka buang bisa dimanfaatkan lagi.


Keywords


mbah Jerami; Pakan Ternak; Silase

References


Komar, A. 1984. Teknologi Pengolahan Jerami Sebagai Makanan Ternak. Yayasan Dian Grahita. Bandung

Lubis. D.A. 1963. Ilmu Makanan Ternak. PT. Pembangunan. Jakarta

Rukmana, R. 2005. Rumput Unggul Hijauan Makanan Ternak. Kanisius. Yogyakarta

Safan, dkk. 2008. Produksi Enzim Selulosa Oleh Aspergillus niger Menggunakan Substrat Jerami Padi Dengan Sistem Fermentasi Padat. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNDIP Semarang Jl. Prof. Sudarto, SH Kampus Tembalang Semarang 50236.

Sutardi, T. 1980. Landasan Ilmu Nutrisi. Jilid I. departemen Ilmu Makanan Ternak. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id