Pelatihan Pembuatan Payung Solar Cell

Sulistiyanto Sulistiyanto, Ach Najihuddin, Adi Riyanto, Taufiq Hidayatullah, Moh Basri

Abstract


Ketrampilan instalasi Solar panel/ solar cell sangat dibutuhkan untuk saat ini, tidak terkeuai bagi para santri. Hal ini karena cadangan bahan bakar minyak sudah mulai menipis, dan pemerintah serta trend dunia sudah mengarah ke pada kebutuhan Energi Baru dan terbarukan. Santri Nurul Jadid sebagai pesantren yang besar di wilayah Probolinggo sudah memiliki Balai Latian Kerja (BLK) untuk membekali para santri ketika sudah selesai mondok. Dengan adanya Prodi Elektro di Universitas Nurul Jadid maka perlu memberikan transfer teknologi bagi para santri dalam bentuk pengabdian masyarakat,. Pengabdian itu berbentuk instalasi PLTS berbentuk Meja Payung Solar Cell.

Keywords


Meja, Payung, Solar Cell, Instalasi

References


Damara, T. P. A., Mustaqim, A., Devyce, A., & Adawiyah, R. (2021). “JAYUS” Meja Payung Solar Cell. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, 8(1), 23-25.

Dinas PUPR Probolinggo, (2018), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, https://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_4bf3f8e555_BAB%20II2.%20BAB%20II_Review%20RPJMD.pdf

Haryadi, S., & Syahrillah, G. R. F. (2017). Rancang Bangun Pemanfaatan Panel Surya Sebagai Charger Handphone Di Tempat Umum. AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN, 2(1).

Qomaruddin, M. N., & Khairi, M. (2019). Real Time Clock Sebagai Tracking Sinar Matahari Pada Solar Cell Berbasis Mikrokontroler Untuk Lampu Tama. Jurnal Qua Teknika, 9(2), 27-32.

Yudhy Wiranatha Jaya Kusuma, Noer Soedjarwanto, 2015. Rancang Bangun Penggerak Otomatis Panel Surya Menggunakan Sensor Photodioda Berbasis Mikrokontroller ATMEGA 16, jurnal rekayasa dan Teknik Elektro Vol.9




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v4i02.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id