Pemberdayaan Masyarakat melalui Penghijauan untuk Konservasi Sumber Air Banyuning Kota Batu

Nila Restu Wardani, Dwi Fauzia Putra

Abstract


Sumber air Banyuning merupakan salah satu sumber air yang ada di hulu Sungai Brantas Kota Batu. Sumber air ini dimanfaatkan masyarakat Kecamaan Bumiaji untuk kebutuhan sehari-hari dan sebagai sumber irigasi. Permasalahan yang terjadi yaitu degradasi lahan di sekitar sumber air. Lahan ini seharusnya dijadikan tempat konservasi sumber daya air. Lahan di sekitar sumber air merupakan milik petani dan ditanami bunga Rotensia yang tidak memiliki perakaran kuat. Berdasarkan kondisi ini dilakukan pemberdayaan masyarakat petani untuk melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon jeruk. Bibit pohon jeruk dipilih karena jika pohon ini sudah besar memiliki perakaran yang kuat sehingga mampu menahan laju erosi, menjadi resapan air hujan, dan memiliki nilai ekonomis dari hasil panen buah jeruk. Hasil dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini yaitu: 1) Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam konservasi sumber daya air; 2) Meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat untuk menjaga kelestarian sumber daya air; 3) Menambah jumlah pohon tegakan dengan perakaran kuat di lahan sekitar sumber air yang memiliki kemiringan lereng lebih dari 400.

Keywords


pemberdayaan masyarakat, penghijauan, konservasi sumber air

References


Damanhuri. 2004. Peningkatan Produksi Jeruk Melalui Pangkasan dan Pemupukan Berimbang. Makalah pada Pelatihan Penyuluh Agribisnis Jeruk Kabupaten Jember, Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Jember 8 Agustus 2004

Poerwanto, R.2004. Program Pengembangan Jeruk Siem Di Indonesia. Prosiding Seminr Jeruk Siem Nasional. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Badan Penelitian danPengembangan Pertanian, (Jurnal: Surabaya 15-16 Juni).

Sallata, M. Kudeng. Konservasi Dan Pengelolaan Sumber Daya Air Berdasarkan Keberadaannya Sebagai Sumber Daya Alam. Balai Penelitian Kehutanan Makasar, (Jurnal: Info Teknis EBONI Vol. 12 No.1, Juli 2015: 75 - 86).

Subagyono. 2007. Konservasi Air Untuk Adaptasi Pertanian Terhadap Perubahan Iklim Bunga Rampai Konservasi Tanah dan Air. Pengurus Pusat MKTI Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id