Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung

siska purnamasari

Abstract


Abstrak

Di era yang serba modern ini masyarakat diharuskan untuk mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari semua mulai digital, dikarenakan teknologi yang lebih maju dan berkembang membuat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lebih cepat, praktis dan merata. Terutama dalam dunia bisnis dan pemasaran teknologi memudahkan pemasaran lebih menyeluruh dan merata sehingga membuat pemasukan dalam negeri bertambah. Pada UMKM mikrokecil dan menengah perlu adanya perhatian terkait teknologi agar tidak tersaing dengan pelaku UMKM lainnya. Dengan mempelajari teknologi seperti aplikasi yang memuat situs untuk jual beli sehingga Masyarakat dapat membeli suatu produk secara online. Sehingga dapat membantu pelaku UMKM dapat promosi usahanya dengan biaya yang kecil dengan peluang usaha yang besar. Salah satu cara untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM yakni dengan bekerja sama terhadap BUMDES untuk mendata dan mengadakan pertemuan untuk memberi informasi serta cara-cara berjualan online di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Participatory Action Research. Hasil yang dicapai oleh penulis yaitu pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, hak merk pelaku UMKM Desa Gambiran, desain kemasan, E-commerce (Shopee dan Tiktok), serta pengelolaan portal desa terkait lapak pelaku UMKM.

Kata Kunci: Umkm, Tekonologi, Strategi Pemasaran.

 

Abstract

Di era modern ini, masyarakat dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, semuanya mulai terdigitalisasi, karena teknologi yang lebih maju dan berkembang membuat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari menjadi lebih cepat, praktis dan merata. Terutama dalam dunia bisnis dan pemasaran, teknologi memudahkan pemasaran secara lebih menyeluruh dan merata sehingga pendapatan dalam negeri meningkat. Pada UMKM mikro, kecil, dan menengah, perlu ada perhatian terkait teknologi agar tidak bersaing dengan pelaku UMKM lainnya. Dengan mempelajari teknologi seperti aplikasi yang memuat situs untuk jual beli sehingga masyarakat dapat membeli suatu produk secara online. Sehingga dapat membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan usahanya dengan biaya yang kecil dengan peluang usaha yang besar. Salah satu cara untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM adalah dengan bekerja sama dengan BUMDES untuk mengumpulkan data dan mengadakan pertemuan untuk memberikan informasi dan cara berjualan online di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Penelitian Aksi Partisipatif. Hasil yang dicapai penulis adalah pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, hak merek pelaku UMKM Desa Gambiran, desain kemasan, E-commerce (Shopee dan Tiktok), dan pengelolaan portal desa terkait warung pelaku UMKM.

Kata kunci: UMKM, Teknologi, Strategi Pemasaran.


Keywords


Umkm, Tekonologi, Strategi Pemasaran.

References


Daftar Pustaka

Anindita Trinura Novitasari, M. (2022). Strategi UMKM bertahan di masa pandemi. Yogyakarta: Deepublish.

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran : UMKM Dan Digital Sosial Media. Sleman: Deepublish.

Atikasari, S. (2021, November 10). Pemanfaatan Digitalisasi Produk UMKM Untuk Menunjang Inovasi dan Daya Saing di Era Pandemi. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/septianaatikasari8798/6194ad3ab189515eab25bd82/pemanfaatan-digitalisasi-produk-umkm-untuk-menunjang-inovasi-dan-daya-saing-di-era-pandemi

Cakrawala, U. (2023, November 18). Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari. Retrieved from cakrawala.ac.id: https://www.cakrawala.ac.id/berita/apa-itu-teknologi-digital

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System Terhadap Daya Saing Penjualan.

Indonesia, C. (2022, September 21). Mengenal Apa Itu Internet, Sejarah Perkembangan & Manfaatnya. Retrieved from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220921131159-37-373856/mengenal-apa-itu-internet-sejarah-perkembangan-manfaatnya

K, A. (n.d.). Pengertian Jaringan Internet: Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Dampaknya. Retrieved from gramedia.com: https://cdnwpedutorenews.gramedia.net/wp-content/uploads/2022/12/15190035/jaringan-internet2.png

Mavilinda, H. F. (2021). Menjadi "UMKM Unggul" Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. 2 (1): 17-28.

Muhammad Nizar, M. F. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIGITAL MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN TRANSFORMASI BISNIS DIGITAL. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 41-48.

Muhammad Nizar, M. F. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIGITAL MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN TRANSFORMASI BISNIS DIGITAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNWAHAS, 41-48.

Rahmatul Jannatin N1, M. W. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETINGSEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action.

Setiarini, I. H. (2023). EDUKASI PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKMDI KECAMATAN TANJUNG SARI PAMULIHAN KABUPATEN SUMEDANG. SULUH : Jurnal Abdimas, 233-241.

Manajemen Bisnis, J., & Putu Indah Kencana Putri, L. (2019). Perilaku Konsumen Pengguna Instagram di Era Marketing 4.0. 16(4). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Nizar, M., Fahmul Iltiham, M., Rakhmawati Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan Jl Yudharta No, A., & Purwosari Pasuruan, S. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIGITAL MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN TRANSFORMASI BISNIS DIGITAL. 8(2).

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v7i2.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

[email protected]