Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Inovasi Pengolahan Kangkung yang Bernilai Ekonomi Rendah Menjadi Produk Nugget yang Bergizi dan Bernilai Ekonomi Tinggi di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan

Lilik Nurcholidah, Ike Susanti

Abstract


Kegiatan KKN -Pengabdian UNISLA bertujuan untuk 1) Meningkatkan tingkat pengetahuan masyarakat terutama ibu-ibu PKK tentang olahan produk nugget kangkung, 2) Memberi pengetahuan mengenai manajemen produksi kepada ibu-ibu PKK. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah pemberdayaan masyarakat dengan transfer ilmu dan teknologi. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pengetahuan yang disertai praktek pembelajaran kelompok. Pembelajaran disertai praktek akan dilakukan mahasiswa bersama kelompok sasaran yaitu Ibu-ibu PKK desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan..Sebagai salah satu dari berbagai jenis sayuran hijau, kangkung memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Sayuran kangkung mengandung bermacam-macam mineral dan vitamin, seperti serat, selenium, zat besi, fosfor, vitamin A, B dan C. Desa Bangkalanpule memiliki sumber kangkung yang besar, tapi pengolahan kangkungnya masih secara tradisional sehingga hasil pengolahannya memiliki nilai yang rendah, oleh sebab itu dibutuhkan pengolahan yang lebih tepat guna yaitu pembuatan nugget kangkung yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan bernilai ekonomis. Program ini berbentuk indrustri kecil rumah tangga. Manfaat pengolahan kangkung untuk waktu yang akan datang yaitu untuk meningkatkan kualitas kangkung sehingga kangkung dapat dimanfaatkan dengan baik.


Keywords


Pengolahan Nugget kangkung, kkn-pengabdian

References


Ameka, Indriany. 2013. Manajemen Inovasi. Bandung: Penerbit Andi

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, D. J. P. R. d. P. K. R. T. d. P. T., 2018. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII Tahun 2018. XII ed. Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Mursid. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara

Raharjo, Adisasmita. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zimmerer, S., 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha kecil Edisi ke-5. V ed. Surabaya: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v1i02.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id