Strategi Pengembangan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dalam Mengantisipasi Penyakit Berbasis Lingkungan (PBL)

Mimatun Nasihah, Istianah Istianah, Anggreani Ayu Saraswati

Abstract


Saat ini pesantren berlomba-lomba memiliki infrastruktur modern, tetapi hanya beberapa pesantren yang menerapkan life-stlye modern. Masih banyak pesantren yang melestarikan kultur tradisional dimana santri di pesantren tersebut dituntut untuk berperilaku sesuai life-style tradisional demi melestarikan kultur tersebut. studi ini dimaksudkan memahami perilaku kesehatan di pesantren, yang berfokuskan tentang bagaimana memahami perilaku pemeliharaan kesehatan santri, memahami perilaku pencarian dan penggunaan sistem pelayanan kesehatan santri, memahami perilaku kesehatan lingkungan, dan rasionalisasi, tindakan sosial terhadap perilaku hidup sehat dan bersih santri di pondok pesantren Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Dari hasil studi didapatkan, bahwa respon santri terhadap perilaku kesehatan masih kurang dipandang dari sudut pandang medis modern, karena pesantren memiliki kultur yang berbeda dengan masyarakat diluar pesantren.Hal ini terlihat dari pertama, dalam memelihara kesehatan, santri masih mempertahankan diri dari penyakit dan menjaga kesehatan masih dengan cara yang sederhana. Kedua, dalam usaha memanfaatkan sistem kesehatan, santri mengacu pada pengetahuan kesehatan yang santri pahami.Ketiga, perilaku kesehatan lingkungan santri dipengaruhi erat struktur dan nilai-nilai budaya serta nilai-nilai religi yang ada dipesantren.Keempat, usaha rasionalisasi PHBS, dengan menyesuaikan dengan nilai-nilai kultural dan religi di pesantren guna meningkatkan derajat kesehatan santri.

 

Kata Kunci: Pondok Pesantren, PHBS, PBL

References


A.S Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

http://eprints.umm.ac.id/25965/2/jiptummpp-gdl-anggernurw-36792-2-babi.pdf diakses pada tanggal 15 April 2019

Ikhwanudin, Alim. 2010. Perilaku Kesehatan Santri. Jurnal Sosial dan Politik.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Nasyith, Ahmad dzaky.2018. Pola Hidup Sehat di Pondok Pesantren Bahrul Qur’an Jonggrangan Sumberadi Mlati Slema.Universitas Negri Yogyakarta.

Noor, NN., 2006. Pengantar Epidemiologi Penyakit Menular. Jakarta: Rhineka Cipta

Raisya, ririn. 25 November 2016. Kompasiana.Penyakit Berbasis Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id