Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepada Kelompok Ibu-Ibu Pkk dan Karang Taruna melalui Program Pelatihan “Hidroponik”

Ruswaji Ruswaji, Laely Chodariyanti

Abstract


Berdasarkan analisis situasi diketahui bahwa sebagian besar ibu-ibu PKK warga desa Pelang, Kembangbahu, Lamongan berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sehingga mempunyai waktu yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan yang mampu menambah penghasilan. Tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan ibu rumah tangga dan karang taruna dengan memberi pelatihan bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Konsep “Hidroponik” merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air/larutan mineral bernutrisi tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi. Sistem bertanam “Hidroponik” merupakan konsep bertanam yang cocok untuk daerah perkotaan dan lahan terbatas. Luaran jangka panjang yang diharapkan dari pengabdian ini adalah peningkatakan penghasilan dan peningkatan kesejahteraan. Guna mencapai target luaran yang telah direncanakan, kegiatan pengabdian dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) pemaparan materi “Hidroponik”; (2) Pelatihan kepada masyarakat dan Praktik Pembuatan “Hidroponik” dan (3) Pendampingan selama dua bulan atau praktik berkebun dengan sistem “Hidroponik” serta (4) Evaluasi kegiatan.  Hasil dari pengabdian ini adalah terbentuknya kebun hidroponik yang ditempatkan di Kantor Balai Desa Pelang yang dikelola bersama antara Kelompok Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna dan sangat respon dan antusias serta akan mengembangkannya di rumah masing-masing.

Keywords


Hidroponik; Berkebun; Pemberdayaan Masyarakat; Peningkatan Perekonomian.

References


Muhtarom,Abid. 2018. Subsisdi Of Fertilizers, Government Expenditure, Level Of Education, Ratio Of Range And Land For Agricultural Production (District Agricultural Studies – East Java 2010-2016 With Robust Test Method Analysis LAD Least Absolout Deviation). MediaTrend 13 (1) 2018 p. 82-89, http://journal.trunojoyo.ac.id/mediatrend

Adam, C.R., Early, M.P., Brook, J.E., Bam-ford, K.M. 2015. Principle of Horticulture. Routledge: London.

Istiqomah, S. 2015. Menanam Hidroponik. Ganeca Exact: Bekasi.

Lingga, P. 2006. Hidroponik, Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Penebar Swadaya: Depok.

Mas’ud, H. 2009. Sistem Hidroponik den-gan Nutrisi dan Media Tanam Berbe-da Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada. Media Litbang Sulteng. 2 (2), 131- 136.

Murali, M.R., Soundaria, M., Maheswari, V., Santhakumari, P., Gopal, V. 2011. Hy-droponics, a novel alternative for geo-ponic cultivation of medicinal plants and food crops. International Journal Pharmacy and Biology Science, 2(2), 286-296.

Roberto, K. 2005. How to Hydroponics. Harvard University: Futuregarden Inc. London.

Tallei, T.E., Rumengan, I.F.M., dAdam, A. 2017. Hidroponik untuk Pemula. Penerbit LPPM Universitas Lambung Mangkurat, UNSRAT PRESS: Banjar-masin.

Tom, T. 2005. Garden History : Philosophy and Design, 2000 BC--2000 AD. Spon Press; New York.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id