Pelatihan Mahar Scrapframe & Cara Menentukan Harga Untuk Meningkatkan Keberagaman Produk Kelompok Hantaran Kota Kediri

USTADUS SHOLIHIN, RIRIN WAHYU ARIDA

Abstract


Pelatihan mahar scrapframe bagi UMKM kelompok hantaran kota Kediri sangat penting dilakukan karena dapat meningkatkan penjualan. Dengan menawarkan jenis varian mahar yang banyak bagi konsumen merupakan strategi pemasaran yang dilakukan. Semakin banyak yang ditawarkan kemungkinan konsumen untuk membeli lebih besar dari pada sebaliknya.  Oleh karena itu anggota UMKM kelompok hantaran kota Kediri harus selalu upgrade dan belajar  model mahar yang lagi trending seperti sekarang ini yaitu resin art. Selain pelatihan mahar scrapframe kami juga memberikan pelatihan bagaimana cara menentukan harga jual dari mahar tersebut. Manfaat dari pelatihan ini UMKM kelompok hantaran kota Kediri mampu menyediakan beragam produk yang dijual dan  tidak bingung untuk menentukan harga jualnya.

Metode yang digunakan yaitu praktek secara langsung pembuatan mahar scrapframe di pigura dengan cara scrapframe yaitu menggunting dan menempel serta membuat gradasi warna dan susunannya. Adapun untuk pelatihan penentuan harga jual langsung menghitung semua biaya bahan, tenaga langsung, penggunaan peralatan dan keuntungan yang diinginkan. Adapun hasil yang dicapai dari pelatihan membuat mahar scrapframe yaitu semua peserta mampu membuat mahar scrapframe dan ada evaluasi tentang proses penataan tinggi dan rendah obyek yang ditempel. Untuk perhitungan harga jual tidak ada masalah karena bahan bahan yang digunakan mulai dari pigura, kertas print dan peralatan semua terdata nominalnya..


Keywords


mahar scrapframe, harga jual, kelompok hantaran.

References


Andini, A. T. (2014). Pelatihan Merangkai Simbolis Uang Mahar Pengantin Adat Bali Bagi Ibuibu Pkk Kelurahan Peneleh Kecamatan Genteng Surabaya. E-Journal - Tata Rias- Unesa, 03, 99–107.

Faradisa, I., H, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Café). Journal Of Management, 2.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (1st-Indonesi ed.). PT. Prenhllindo.

Mulyadi. (2013). Akuntasi Manajemen Konsep, Manfaat dan Rekayasa (3rd ed.). Salemba Empat.

Philip, K., & Gary A. (2016). Prinsip Prinsip Pemasaran (15th ed.). Erlangga.

Pramana, A. C., Rukmini, M., Riningsih, D., & Prihardina, O. W. M. S. (2023). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan Pada Kelompok Usaha Pembibitan Bawang Merah Nganjuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4.

Simamora, B. (2016). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel (3rd ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Sunyoto, D. (2013). Ekonomi Manajerial Konsep Terapan Bisnis. Ekonomi Manajerial Konsep Terapan Bisnis.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (1st ed.). Andi.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v6i2.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id