Pelatihan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Strategi Game Based Learning (GBL) Melalui Media Kartu
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Inggris, menghafal kosa kata sering dianggap tidak menarik bagi siswa. Selain itu, siswa juga masih bingung bagaimana agar bisa cepat menghafal banyak kosa kata. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan strategi dan juga inovasi bagi siswa dalam menguasai serta menghafal kosa kata dengan menggunakan metode permainan kartu. Pelatihan ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Partisipan pengabdian Masyarakat ini adalah siswa MTs. Mambaul Ulum Lamongan. Hasil dari evaluasi menunjukan dampak positif pada meningkatkan penguasaan kosa kata siswa di MTs. Mambaul Ulum Lamongan. Penggunaan permainan dalam pembelajaran juga memberikan dorongan motivasi yang signifikan bagi siswa. Dalam situasi pelatihan ini, peserta lebih termotivasi untuk menguasai kosakata bahasa Inggris serta mereka menikmati pengalaman belajar melalui berbagai jenis permainan kartu. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi siswa dalam menghafalkan kosakata bahasa Inggris.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alaswad, Z., & Nadolny, L. (2015). Designing for game-based learning: The effective integration of technology to support learning. Journal of Educational Technology Systems, 43(4), 389–402.
Dananjaya, U. (2013). Active Learning Media. Bandung: Shades of Scholar.
Fitria, T. N. (2022). Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) dengan Metode Drilling Untuk Anak-Anak Desa Kalangan Mulur Sukoharjo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 67–72.
Hainey, T., Connolly, T. M., Boyle, E. A., Wilson, A., & Razak, A. (2016). A systematic literature review of games-based learning empirical evidence in primary education. Computers & Education, 102, 202–223.
Halim, M. L. Al. (2019). INCREASING ENGLISH ACHIEVEMENT THROUGH TWO STAY- TWO STRAY ( TS-TS ) METHOD. KARANGAN: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 01(02), 102–109.
Harmer, J. (2007). How to teach English-New edition. Harlow: Pearson Education Limited.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Oo, B. L., & Lim, B. T.-H. (2016). Game-based learning in construction management courses: a case of bidding game. Engineering, Construction and Architectural Management, 23(1), 4–19.
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of game-based learning. Educational Psychologist, 50(4), 258–283.
Qian, M., & Clark, K. R. (2016). Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research. Computers in Human Behavior, 63, 50–58.
Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2017). Instructional-Design Theories and Models. The Learner-Centered Paradigm of Education. Volume IV.: Vol. IV. Routledge, Taylor and Francis Group. DOI, 10, 9781315795478.
Shu, L., & Liu, M. (2019). Student engagement in game-based learning: A literature review from 2008 to 2018. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 28(2), 193–215.
Sueca, I. N. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Nilacakra.
Wiggins, B. E. (2016). An overview and study on the use of games, simulations, and gamification in higher education. International Journal of Game-Based Learning (IJGBL), 6(1), 18–29.
Zeng, J., & Shang, J. (2018). A review of empirical studies on educational games: 2013-2017. 26 International Conference on Computers in Education, 533–542.
DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v6i2.550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing at :
Associated with :
Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Abdimas Berdaya
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan